10 Keutamaan Surat Yasin untuk Perjalanan Hidup

10 keutamaan surat Yasin memang bisa membantu mempermudah perjalanan hidup. Menjadi surat ke-36 dalam Al-Quran membuat surat Yasin sering dilantunkan di Indonesia. Banyak sekali orang Indonesia yang rutin membaca surat ini, apalagi ketika hari Jumat.

Diturunkan di Mekkah, ternyata surat Yasin ini memiliki arti atau kandungan yang sangat luas. Berbagai macam hal diceritakan dalam surat ini. Mulai dari pokok keimanan seseorang, tanda-tanda kekuasaan dari Allah SWT, peringatan kiamat, peringatan kematian, atau bahkan kisah beberapa perjuangan para syuhada dan pendakwah.

Selalu rutin membaca surat Yasin ternyata  dapat memberikan dampak tersendiri bagi kehidupan dunia maupun akhirat. Ada 10 keutamaan surat Yasin, yang bisa dirasakan oleh si pembaca, apalagi jika memahami isi dari tiap ayat surat Yasin.

Sebenarnya semua surat dalam Al-Quran pasti memiliki keutamaan dan manfaat bagi hidup. Begitu juga dengan surat Yasin yang dipercaya memberikan fadhilah luar biasa bagi perjalanan hidup dan mati seseorang. 

Nah, berikut ini 10 Keutamaan Surat Yasin yang Banyak Dipercaya

Diampuni Dosa-Dosa

Pertama, keutamaannya memang diampuni segala dosa-dosa orang yang membaca surat Yasin dengan istiqomah dan tulus. Ada sebuah hadis dari riwayat At Thabrani dimana mengatakan bahwa orang yang membaca surat Yasin di malam hari, maka esok paginya akan diampuni segala dosa.

Dapat Dianggap Mati Syahid

Selanjutnya, masih dari riwayat At-Thabrani dimana menjelaskan seseorang yang rutin membaca Yasin setiap malam akan dipermudah ketika ajal menjemput dan meninggal dalam keadaan syahid.

 

Segala Urusan Menjadi Lebih Mudah

Membaca Yasin juga bisa membantu mempermudah berbagai macam masalah hidup. Misalnya saja hutang piutang, adanya pertikaian, atau bahkan masalah keluarga yang sulit dipecahkan.

 

Keutamaan Surat Yasin Hati Lebih Tenang

Membaca surat Yasin memang membuat hati menjadi lebih tenang. Sebenarnya tidak hanya surat Yasin, sebab semua ayat Al-Quran yang dibaca dengan  tulus pasti memberikan ketengan dalam hati.

 

Terhindar Dari Siksa Kubur

Surat Yasin yang dibaca secara rutin setiap malam atau setelah sholat 5 waktu ternyata juga bisa membuat orang terhindar dari siksa kubur. Hal ini ditemukan pada tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373 dimana menjelaskan bahwa seseorang yang datang ke makam orang lain dengan membaca surat Yasin maka akan diringankan siksa kuburnya.

Sakaratul Maut Lebih Mudah

Apakah anda siap menghadapi sakaratul maut? Tentu hanya orang beriman dan saleh yang siap mendapatkan sakaratul maut. Dengan membaca surat Yasin ternyata juga bisa mempermudah sakaratul maut dan sudah dijelaskan pada tafsir Al-Quran Al Azhim.

 

Keutamaan Surat Yasin, Meningkatkan Keimanan

Selanjutnya, anda juga bisa membaca surat Yasin untuk menambah tingkat keimanan. Mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara membaca ayat dalam Al-Quran termasuk surat Yasin memang penting. Lebih baik lagi jika anda memahami berbagai macam arti dan makna dari surat tersebut.

Hajat Terkabul

Memiliki hajat dalam hidup adalah sesuatu yang wajar, anda bisa mencoba melancarkan hajat tersebut dengan berusaha dan berdoa. Jangan lupa untuk rutin membaca surat Yasin, barulah setelah itu doakan hajat anda.

Meminta Pengampunan

Surat Yasin juga bisa menjadikan jembatan untuk memohon pengampunan kepada Allah SWT. Anda bisa memohon ridho dari Allah SWT untuk mendapatkan pengampunan dosa setelah membaca Yasin.

Ada Pahala Berlipat Ganda

Setiap perintah Allah SWT yang dilakukan tentu akan mendapatkan pahala. Begitu juga dengan seruan untuk membaca ayat dalam Quran, termasuk juga untuk surat Yasin.

Ada banyak keutamaan dari surat yasin, tetapi 10 keutamaan surat Yasin  di atas sering didapatkan oleh orang yang benar-benar tulus dan memahami arti tiap ayat.

Muhammad Febric Fitriansyah: Aktif nge blog sejak 2008. Sekarang kerja di salah satu digital advertizing company. Spesialis dalam monetisasi website dan Aplikasi. Certified with Google ADmanager, Google Admob, and Google Analytics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*