10 Tanda Tanda Kiamat Menurut Alquran Dan Hadits

Tanda tanda kiamat, itu apa saja? Islam membagi kiamat dalam dua perkara, yaitu kiamat kecil/ kiamat sugro dan kiamat besar atau kiamat sugro. Bencana alam, wabah, atau lainnya yang membuat dunia masih berjalan sebagaimana mestinya merupakan kiamat sugro. Namun, kiamat yang menunjukkan akhir dunia adalah kiamat kubro.

Menurut Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud bahwa hari kiamat terjadi ketika matahari terbit dari barat. Saat itu, seluruh manusia akan beriman. Pada saat itu juga tingkat keimanan mereka tidak akan berguna.

Memang, tidak ada yang tahu kapan kiamat akan terjadi. Walaupun demikian, sebagai Muslim sudah wajib hukumnya untuk mengimani atau percaya terhadap hari akhir. Bahkan, nabi Muhammad SAW sendiri saja tidak tahu kapan tepatnya hari kiamat akan terjadi.

Pada saat hari kiamat terjadi, itulah akhir dari alam semesta. Seluruh makhluk dan apapun yang ada hancur tak tersisa. Bahkan Allah telah berfirman didalam surat Al-A’raf ayat 187. Maksud dari ayat tersebut menyampaikan bahwa tidak ada seorangpun yang dapat menjelaskan kapan waktu kedatangan hari kiamat, selain Allah SWT.

Tanda Tanda Kiamat Dalam Buku Mahmud Rajab Hamady

Berikut adalah berbagai tanda kiamat yang muncul dalam buku Mahmud Rajab Hamady dengan judul ‘tanda-tanda kiamat’:

Imam Mahdi Muncul

Siapa itu Imam Mahdi? Sebagaimana muncul dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al Hakim, Sabda Rasulullah menyebutkan bahwa Imam Mahdi akan keluar. Saat itu, hujan akan turun, tanaman juga akan tumbuh dan harta juga Allah bagikan secara rata.

Akan semakin banyak pula binatang ternak. Sehingga, umat juga semakin banyak. Imam Mahdi akan keluar selama 7 bahkan sampai 8 tahun.

Tanda Tanda Kiamat Dengan Kemunculan Dajjal

Tidak hanya Imam Mahdi yang muncul, tetapi juga Dajjal. Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa Dajjal muncul untuk menyebarkan fitnah hingga ke muka bumi. Sebuah Hadits riwayat Muslim menyebutkan bahwa Rasulullah bersabda, bahwa fitnah Dajjal adalah yang paling besar, tidak ada yang menandingi fitnahnya.

Turunnya Nabi Isa AS Untuk Memimpin Dunia

Menurut Alquran dalam surat An Nisa pada ayat 159 telah menyebutkan bahwa Nabi Isa turun di dunia sehingga menjadi saksi umat manusia. Semua Ahli kitab akan beriman pada Isa menjelang kematiannya. Sehingga, Nabi Isa A.S. akan menjadi saksi.

Tanda Tanda Kiamat Dengan Kemuculan Ya’juj Dan Ma’juj

Firman Allah SWT dalam surat Al Kahfi tepatnya pada ayat 94 menyebutkan adanya Ya’juj dan Ma’juj, para kaum yang merusak bumi

Tanda-tanda lainnya adalah sebagaimana berikut:

  • Matahari terbit dari barat. Hal ini disebutkan dalam hadits Abu Dawud, Ibnu Majah, yaitu dari Abdullah bin Amr.
  • Munculnya Daabbah atau binatang melata. Belum jelas mana yang akan muncul duluan, apakah binatang melata atau matahari terbit dari barat. Namun, jika salah satu dari tanda tersebut muncul, maka itu artinya kiamat sudah dekat.
  • Muncul kabut dan angin yang sangat jelas
  • Kemunculan api, keluar dari Yaman
  • Gempa atau guncangan yang sangat hebat
  • Ka’bah pun hancur di tangan Dzu Suwaiqatain dan tidak ada lagi muslim yang menjalankan ibadah haji.

Itulah seluruh tanda tanda kiamat yang semua muslim wajib tahu. Sangat penting untuk tahu apa saja tanda-tanda hari akhir supaya iman dan rasa cinta terhadap Allah itu semakin meningkat. Semoga dengan mempelajari seluruh tanda, maka akan meningkatkan rasa Taqwa, semoga bermanfaat!

zee:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*