5 Nama Lain Hari Kiamat dalam Al-Quran

Nama lain hari kiamat sebenarnya sudah banyak diketahui oleh umat muslim. Hari kiamat merupakan berakhirnya alam semesta atas kehendak Allah SWT. Tidak ada manusia yang tahu kapan hari kiamat tersebut akan tiba  sebab semuanya hanyalah rahasia dari yang Kuasa yaitu Allah SWT.

Hari kiamat sendiri sebenarnya memiliki tanda-tanda yang sudah menjadi peringatan bagi umat manusia. Tetapi sayangnya, sangat sedikit manusia yang mengindahkan tanda-tanda tersebut. Jangan sampai, nanti kita mendapatkan sesal karena jauh dari ajaran agama Islam.

Kiamat sendiri memiliki beberapa nama lain yang telah disebutkan dalam Al-Quran. Kaum muslim pasti sudah pernah mengetahuinya dan hal tersebut sering juga disebutkan. Berikut ini beberapa nama lain dari hari kiamat yang bisa kamu pahami.

Nama Lain Hari Kiamat Menurut Al-Quran

Ada beberapa nama lain dari hari kiamat yang sudah tercatat dalam Al-Quran seperti berikut ini.

Yaumul Ba’ats (Hari Kebangkitan)

Nama lain pertama dari hari kiamat adalah Yaumul Ba’ats yang berarti hari kebangkitan manusia dari alam kuburnya. Di Al-Quran sendiri sebutan Yaumul Ba’ats ini pada surat Ar-Rum ayat 56.

Memang pada hari kiamat para manusia akan di bangkitkan kembali untuk perhitungan amal ibadah yang telah meraka jalankan. Apabila mereka termasuk orang-orang yang beriman pada Allah SWT maka dipastikan segala kemudahan bisa dapatkan dan terhindar dari siksaan.

Yaumul Hisab (Hari Perhitungan)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa setelah dibangkitkan dari kubur maka para manusia akan mendapatkan perhitungan amal ibadah atau yang sering disebut dengan Yaumul Hisab. Kata yang menghisap sendiri juga tercantum dalam Al-Quran di surat Shad ayat 53.

Pada Yaumul Hisab atau hari perhitungan semua umat manusia hanya bisa menyaksikan segala amal yang telah mereka lakukan. Tetapi apabila banyak sekali hal-hal yang menyimpang dari agama Islam maka niscaya siksa api neraka telah menanti. Naudzubillahimindzalik.

Yaumud Din (Hari Pembalasan)

Nama lain hari kiamat selanjutnya adalah Yaumud Din yang artinya hari pembalasan.Hari pembalasan ini adalah hari dimana amal perbuatan yang telah anda lakukan selama hidup harus dipertanggungjawabkan.

Bahkan berbagai amalan seperti salat, zakat, puasa, sedekah, atau bahkan melakukan haji akan dimintai pertanggungjawaban.

Kata Yaumud Din ini sudah tercantum dalam surat Al-Fatihah di ayat ke 4. Dimana artinya adalah “Yang Menguasai hari pembalasan”.

Yaumul Hasrah (Hari Penyesalan)

Hari kiamat juga memiliki nama lain Yaumul Hasrah dimana artinya adalah hari penyesalan. Pada hari kiamat nanti hampir semua manusia tentu merasa menyesal karena tidak menghiraukan berbagai macam peringatan yang sudah Allah SWT berikan.

Yaumul Hasrah atau hari penyesalan ini sudah tercantum dalam Al-Quran di Surat Maryam ayat 39.

As-Sa’adah (Hari yang akan Menentukan)

Kiamat termasuk hari yang menentukan nasib dari semua manusia yang ada di muka bumi. Hari kiamat adalah hari yang sudah dirancang dan ditentukan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala tetapi tidak ada yang mengetahui kapan akan terjadi.

Di dalam Al-Quran ada surat Ghafir pada ayat 59 yang menyebutkan kata As-Sa’adah atau hari yang menentukan.

Sebenarnya ada banyak sekali nama lain hari kiamat yang sudah dikatakan oleh Allah dalam Al-Quran. Banyaknya peringatan yang telah Allah berikan kepada umat manusia pada Al-Quran pada hari akhir.

Tentunya, harus diperhatikan lagi oleh kaum manusia. Semoga kita mampu terhindar dari siksa api neraka.

zee:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*