7 Rekomendasi Makanan Buka Puasa yang Berkalori Tinggi

Makanan Buka Puasa yang Berkalori Tinggi Carisemuaja.com – Banyak orang bilang “Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan”. Di dalam menjalani puasa, secara alamiah tubuh kita pasti meresponnya dengan merasakan kurang bertenaga dalam menjalankan aktivitas.

Hal ini terutama terjadi pada waktu menjelang sore hari, di mana ini merupakan waktu “kritis” sebelum berbuka puasa. Namun, pernahkan kamu mendengar kata kalori?

Kalori merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus terdapat di badan kita agar bisa bertahan hidup dan menjalankan aktivitas sehari-hari. Mungkin banyak dari kita mengaitkan kalori dengan gula.

Namun kenyataan, ada banyak makanan di luar sana selain manisan atau gula yang mengandung kalori tinggi. Nah, kalori ini bisa dijadikan sebagai sumber energi bagi tubuh.

Artinya selama seharian full tubuh ini tidak mendapat pasokan kalori, maka ketika berbuka puasa tubuh kita harus diberi asupan kalori yang cukup.

Secara umum menurut alodokter.com, asupan ratarata kalori harian bagi pria dewasa adalah 2.500 kalori, sedangkan perempuan dewasa sekitar 2.000 kalori.

Tanpa panjang lebar, berikut adalah 7 Rekomendasi Makanan Buka Puasa yang Berkalori Tinggi.

1. Almond

Sesuai dengan data fatsecret.co.id, 100 gram kacang almond mengandung 578 kalori. Jika melihat perbandingannya dengan 1 mangkok nasi yang mengandung 204 kalori, maka 100 gram kacang almond setara dengan 2.8 mangkok nasi atau hampir 3 porsi nasi.

Bayangkan diri kamu memakan 3 porsi nasi saja pasti sudah kenyang minta ampun. Belum lagi jika di tambahkan lauk lain untuk membuat rasa nya lebih variatif.

2. Telur

Bagi kamu anak kosan, makanan ini merupakan menu lauk andalan karena cara memasak telur terbilang paling praktis. Telur sendiri juga erat kaitannya bagi orang-orang penggiat gym. Hal ini dikarenakan telur mempunyai kandungan protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan otot.

Namun, telur sendiri juga mempunyai kalori yang tinggi. 1 butir telur mengandung 74 kalori. Jadi kalau kamu anak kosan biasa makan 2 butir telur sekali makan di tambah 1 mangkok nasi, maka kamu sudah mengkonsumsi 352 kalori.

3. Madu

Mendengar kata Madu, tentu ada arti lain yang terbanyang di kepala kita. Namun dalam konteks menu buka puasa, Madu bisa jadi alternatif sebagai menu buka puasa praktis.

1 sendok makan madu, sudah setara dengan 64 kalori atau hampir sama dengan 1 buah telur. hmmm, jika kamu lagi mager banget untuk mencari menu buka puasa, cukup dengan meminum 2 sendok makan madu maka itu cukup mengembalikan tenaga kamu setelah puasa seharian.

4. Alpukat

Alpukat juga banyak disarakan oleh body builder karena selain kandungan kalori yang cukup tinggi, buah ini juga mengandung protein nabati yang tinggi.

1 buah alpukat sendiri mgandung sebesar 322 kalori. Jumlah ini lebih banyak ketimbang 1 mangkok nasi. Artinya, kalau kamu buka puasa dengan 1 buah alpukat maka kamu seperti sedang memakan 1 mangkok nasi.

5. Es krim

100 gram Es Krim mengandung  rata-rata kalori 201 kalori atau hampir sama dengan 1 mangkok nasi putih. Karena rasanya yang beraneka ragam, makanan ini biasa menjadi alternatif bagi kaum remaja sebagai santapan mereka pada saat berbuka puasa

6. Martabak Manis

Dengan berbagai pilihan rasa seperti; Coklat, keju, dan masih banyak lagi, makanan ini kaya akan kalori karena mayoritas bahan makanan ini rasanya manis.

1 potong Martabak manis, mengandung 270 kalori. Namun, hati-hati bagi kalian yang memiliki penyakit seperti diabetes. Karena makanan ini adalah musuh paling utama untuk penyakt diabetes karena bisa dibilang kandungan manisnya terlalu berlebihan.

7. Kacang-kacangan

Makanan ini identik dengan teman begadang. Namun, tanpa disadari kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang mengandung kalori tinggi.

Selain itu, beberapa orang juga sensitif terhadap kacang-kacangan. Efeknya, setelah memakan banyak kacang-kacangan jerawat akan timbul seperti jamur di muka.

Namun dibalik itu semua, kacang- kacangan merupakan salah satu alternatif menu berbuka. Hal ini dikarenakan 100 gram kacang-kacangan bisa mengandung 617 kalori, atau setara dengan 3 mangkok nasi putih.

Nah, demikian 7 Rekomendasi Makanan Buka Puasa yang Berkalori Tinggi yang mungkin bisa jadi pilihan bagi kamu. Untuk kamu yang terbilang kurus, maka konsumsi lah makanan berikut dalam porsi berlebih 🙂

admin: Aktif nge blog sejak 2008. Sekarang kerja di salah satu digital advertizing company. Spesialis dalam monetisasi website dan Aplikasi. Certified with Google ADmanager, Google Admob, and Google Analytics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*