Informasi

8 Kota di Dunia ini Memiliki Waktu Puasa Tercepat

8 Kota di Dunia ini Memiliki Waktu Puasa Tercepat https://unsplash.com/photos/qaNcz43MeY8 Photo by Keith Zhu

Waktu Puasa Tercepat Carisemuaja – Bersyukurlah Indonesia terletak di garis katulistiwa yang artinya letak geografis negara kita berada persis di tengah-tengah bumi. Dengan kondisi tersebut, durasi waktu siang dalam setahun adalah 12 jam.

Namun kondisi ini tentu berbeda dengan negara lain khusunya yang posisinya tidak dekat dengan garis katulistiwa. Sebagai contoh, Inggris berada di bagian utara bumi dan memiliki 4 musim. Di bulan May ini, Inggris dijadwalkan akan mengalami musim Semi di mana durasi siang harinya berkisar antara 11-15 jam.

Dengan kondisi tersebut, maka bisa dipastikan waktu puasa yang harus dijalanin kaum muslimin di Inggris akan lebih lama ketimbang kita yang berpuasa di Indonesia

Nah, di sisi lain negara-negara yang berada di bagian selatan bumi cenderung memiliki waktu siang hari yang lebih singkat. Hal ini dikarenakan, matahari pada bulan May lebih cenderung berada di bagian utara bumi.

Hal ini mengakibatkan negara-negara yang berada di bagian selatan bumi mempunyai waktu puasa yang cenderung lebih singkat. Tanpa panjang lebar, berikut adalah kota-kota di negara tersebut yang memiliki waktu puasa tercepat.

Wellington – Selandia Baru

 Wellington , New Zealand., 8 Kota di Dunia ini Memiliki Waktu Puasa Tercepat

Wellington adalah kota terbesar kedua di Selandia Baru setelah Auckland. Di perkirakan penduduk kota ini sebesar 400 ribu jiwa. Dengan letak geografisnya yang berada di bagian selatan dunia, artinya di bulan ramadhan tahun ini, siang hari mempunyai waktu yang lebih singkat di banding malam hari

Di bulan ramadhan ini, penduduk muslim kota Wellington menjalankan ibadah puasa selama 11 jam 59 menit. Dengan waktu imsak yang relatih lama ketimbang Indonesia yaitu pukul 05:32 pagi. Namun, kaum muslimin kota Wellington sudah bisa berbuka puasa pada pukul 17:31 sore.

Melbourne – Australia

Melbourne adalah kota terbesar kedua di Australia setelah Sydney dengan populasi sekitar 4,2 Juta jiwa. Sementara itu, bulan puasa tahun ini sendiri terjadi pada musim gugur. Dengan rata-rata curah hujan yang tinggi, kaum muslimin di Melbourne harus menjalani puasa selama 12 jam 6 menit.

Auckland – Selandia Baru

auckland 8 Kota di Dunia ini Memiliki Waktu Puasa Tercepat  https://unsplash.com/photos/hIKVSVKH7No Photo by Dan Freeman

Kota ini merupakan kota terbesar di Selandia Baru. Dan di bulan ramadhan tahun ini, kaum muslimin di Auckland menjalankan puas selama 12 jam 9 menit atau waktu subuh jatuh pada pukul 5:30 pagi dan berbuka pada pukul 17:39 di sore hari.

Adelaide – Australia

Adelaide adalah ibukota negara bagian south-australia yang juga merupakan kota terbesar kelima di benua tersebut. Waktu rata-rata puasa di kota adalah 12 jam 12 menit. Dengan waktu subuh pada pukul 5:24 dan waktu magrib pada pukul 17:36.

Sydney – Australia

8 Kota di Dunia ini Memiliki Waktu Puasa Tercepat https://unsplash.com/photos/qaNcz43MeY8 Photo by Keith Zhu

Sydnety merupakan kota tersebsar di Australia dengan penduduk sekitar 5.2 juta jiwa. Seperti kebanyakan kota-kota yang terletak di bagian selatan bumi, Sydney sendiri memiliki waktu puasa yang cukup singkat yaitu 12 jam 14 menit.

Buenos Aires – Argentina

Ibukota negara Argetina ini mempunyai waktu berbuka puasa yang relatif mirip dengan kita di Indonesia yaitu pada pukul 18:15. Namun, waktu subuh di kota ini relatif lebih lama yaitu pada pukul 6 lebih 1 menit waktu setempat.

Cape Town – Afrika Selatan

Kota ini merupakan kota kedua terbesar di Afrika Selatan setelah Johannesburg. Pada tahun 2010 yang lalu, Cape Town adalah salah satu kota yang menjadi tuan rumah perhelatan piala dunia.

Waktu buka puasa di kota ini cenderung hampir sama dengan mayoritas kota-kota di Indonesia yaitu pukul 18:09. Namun, rata-rata waktu siang hari di kota ini cenderung lebih cepat di banding Indonesia. Hal ini di karenakan waktu subuh di kota ini jatuh pada pukul 5:54 waktu setempat.

Santiago – Chile

Santiago - Chille 8 Kota di Dunia ini Memiliki Waktu Puasa Tercepat  https://unsplash.com/photos/Y9Wp5keJsn8 Photo by Juan Pablo Ahumada

Santiago adalah ibukota negara chile. Melihata rata-rata waktu puasa di sebagian kota-kota di Indonesia Yaitu 13 jam. Waktu puasa di Santiago sendiri terbilang cukup cepat yaitu hanya 12 jam 16 menit.

Nah, patut lah kita bersyukur menjalani puasa di negara Indonesia dengan waktu yang terbilang “cukup adil”. Selain itu pula, cuaca di Indonesia ketika menjalankan ibadah puasa juga terbilang bagus.

Hal ini jika kita melihat ke beberapa negara yang harus menjalani ibadah puasa dengan suhu di bawah 16 derajat celcius yang terbilang cukup dingin untuk ukuran orang indonesia.

Comment here