Informasi

Arti kata Ngabuburit dan Bolehkah Ngabuburit di Tengah Wabah Corona?

Arti kata Ngabuburit dan Bolehkah Ngabuburit di Tengah Wabah Corona? Photo by Margaret Weir https://unsplash.com/photos/iWr3xT8C6L4

Arti kata Ngabuburit Carisemuaja.com – Di dalam menjalakan ibadah puasa, buka puasa adalah syarat mutlak. Semua jenis puasa yang ada di ajaran Islam seperti contohnya puasa senin kamis, puasa syawal, ataupun puasa ramadhan tentu seorang yang menjalaninya harus melakukan kegiatan buka puasa.

Kaitannya dengan buka puasa, di dalam suasana Bulan Ramadhan sangat akrab di telinga kita tentang istilah ngabuburit. Yah, kegiatan ngabuburit sangat erat kaitannya dengan waktu buka puasa. Hal ini dikarenakan kegiatan ini adalah salah satu cara yang dilakukan oleh kebanyakan orang yang menjalani puasa, terutama puasa di Bulan Ramadhan.

Arti kata Ngabuburit

Lalu apa sebenarnya arti kata ngabuburit? Jika kita melihat arti kata ini secara harfiah, di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) sendiri kata ngabuburit tidak memiliki arti yang khusus di dalam konteks Bahasa Indonesia. Kata ngabuburit sendiri aslinya berasal dari Bahasa Sunda  dari kata dasar burit yang artinya sore.

Dengan menambahkan imbuhan nga pada kata dasar burit kemudian artinya menjadi melakukan kegiatan di sore hari. Dalam KBBI sendiri, kata mengabuburit  artinya adalah menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan.

Nah semakin ke sini, banyak orang-orang kemudian mengidentikkan istilah ngabuburit untuk melakukan kegiatan yang bersifat menunggu tibanya waktu berbuka puasa. Untuk anak-anak, biasanya mereka bermain bola, bermain sepeda, ataupun mengaji di mesjid. Untuk golongan orang tua, biasanya waktu ini digunakan mereka untuk menyiapkan takjil.

Ngabuburit di Tengah Wabah Corona?

Namun sangat disayangkan, dikarenakan isu penyebaran Corona yang semakin mengkhawatirkan di Indonesia nampaknya ngabuburit khususnya anak-anak hanya bisa dilakukan di rumah masing-masing. Hal ini merujuk ke himbauan pemerintah untuk membatasi Interaksi sosial.

Tapi jangan bersedih hati, beberapa kegiatan yang bersifat ngabuburit atau menunggu saat berbuka puasa bisa kita lakukan dengan kegiatan yang tidak melibatkan interaksi sosial secara langsung. Membaca Al-Quran adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan. Selain membuat waktu kita semakin berguna, di dalam Bulan Ramadhan segala ibadah kita akan dilipat gandakan.

Selain memperbanyak ibadah, bermain game online juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan jenuh di dalam menunggu saat waktu berbuka puasa. Adapun, bagi kamu yang ingin lebih produktif sambil ngabuburit, kamu bisa mencoba beberapa aplikasi android yang bisa menghasilkan uang. Seperti Swagbucks dan masih banyak lagi.

 

Comment here