Begini Cara Mudah Mengatasi Sinyal 4G yang Gak Muncul

Begini Cara Mudah Mengatasi Sinyal 4G yang Gak Muncul https://unsplash.com/photos/_XR5rkprHQU Photo by Daria Nepriakhina

4G yang Gak Muncul Carisemuaja.com – Seiring perkembangan zaman, smartphone sekarang ini memiliki banyak sekali pembaruan terutama pada sinyal. Sekarang pada smartphone terbaru terdapat sinyal 4G yang memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi dibandingkan dengan sinyal-sinyal yang ada sebelumnya. Namun, tidak semua wilayah mendukung sinyal 4G ini.

Kadang sinyal 4G ada yang tidak muncul atau tiba-tiba hilang saat kita sedang asyik menggunakan internet. Bagaimana cara mengatasi sinyal 4G yang gak muncul ? Nah, simak penjelasan di bawah ini. Caranya yaitu sebagai berikut :

Hidupkan Mode Pesawat (Airplane Mode)

Cara pertama yaitu menghidupkan mode pesawat. Cara ini digunakan untuk merefresh jaringan. Apabila jaringan sinyal 4G Anda tiba-tiba menghilang, matikan data seluler terlebih dahulu, kemudian hidupkan mode pesawat. Setelah itu, matikan mode pesawat kemudian hidupkan kembali data seluler pada smartphone Anda. Jika sinyal 4G Anda sudah kembali maka cara tersebut berhasil.

Anda juga bisa tanpa mematikan data seluler karena jika Anda sudah mengaktifkan mode pesawat biasanya data seluler Anda akan mati secara otomatis dan akan otomatis hidup kembali setelah mode pesawat Anda dimatikan.

Ubah Settingan menjadi 3G

Cara kedua yaitu dengan mengubah tipe jaringan prioritas pada smartphone Anda. Caranya adalah dengan membuka pengaturan lalu pilih “Jaringan Seluler” lalu pilih Kartu SIM yang Anda gunakan untuk internetan. Kemudian tekan “Tipe Jaringan Prioritas” setelah itu terdapat beberapa prioritas sinyal di sana. Pilih “Prioritas 3G”. Selesai. Setelah itu, Anda bisa kembali internetan karena terdapat beberapa daerah yang belum mendukung sinyal 4G atau LTE. Sedangkan sinyal 3G sudah tersebar di beberapa daerah sehingga kemungkinannya Anda dapat berselancar dengan internet menggunakan sinyal 3G dengan lancar.

Pindah ke Ruangan Terbuka

Cara ketiga ini sudah populer di masyarakat. Sebelum adanya internet, bahkan cara ini sudah terlebih dahulu diterapkan. Jika sinyal 4G Anda tiba-tiba menghilang maka pindah ke ruangan terbuka agar kita dapat menangkap sinyal 4G yang lebih kuat dan stabil. Karena di dalam ruangan membuat sinyal tidak stabil, tidak kuat dan jarang muncul hal tersebut bisa disebabkan akibat terhalang oleh dinding, cuaca, dan faktor interferensi jaringan yang lain.

Restart Smartphone Anda

Jika cara pertama, kedua dan ketiga tidak berhasil lakukan cara keempat, yaitu dengan merestart Smartphone Anda. Caranya mudah tinggal menekan tombol restart yang ada pada smartphone masing-masing. Di setiap smartphone memiliki cara restart yang berbeda-beda. Lakukan sesuai tipe smartphone yang Anda gunakan. Setelah di restart biasanya sinyal akan terefresh secara otomatis. Tunggu hingga sinyal 4G muncul. Setelah muncul maka cara yang Anda lakukan berhasil.

Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal. Jika anda pengguna Android, ada banyak aplikasi penguat sinyal yang tedapat pada Google Play Store atau penyedia aplikasi yang ada pada smartphone Anda. Setelah itu, install aplikasi tersebut dan gunakan sesuai petunjuk yang biasanya ada pada aplikasi tersebut. Maka sinyal 4G Anda akan semakin kuat dan kecepatan akses internet akan semakin cepat.

Kelima cara di atas merupakan cara yang sering dilakukan pada saat sinyal 4G yang ada pada smartphone tiba – tiba hilang atau tidak muncul. Jika masih terdapat beberapa cara lagi, jangan lupa untuk membagi tipsnya di kolom komentar. Sekian itu saja dari penulis. Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat!

admin: Aktif nge blog sejak 2008. Sekarang kerja di salah satu digital advertizing company. Spesialis dalam monetisasi website dan Aplikasi. Certified with Google ADmanager, Google Admob, and Google Analytics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*