Cara Flash Handphone Samsung Buat Semua Tipe, 100% Works!

Cara flash handphone Samsung bisa dilakukan secara manual ketika ponsel merk tersebut bermasalah. Flash bisa menjadi satu-satunya cara, jadi ponsel dari brand terbaik pun belum tentu bisa mulus tanpa masalah, ya!

Nah, beberapa tanda bahwa ponsel kamu butuh flash adalah karena bootloop, sering restart terus, menu dan fungsinya error, atau bahkan saat mati total. Jadi, buat kamu yang pakai ponsel Samsung, flash ini jadi solusi tepat buat memperbaiki kerusakan.

Cara Flash Handphone Samsung All Type Dengan PC

Ada dua cara yang bisa kamu coba; pakai komputer dan tidak. Nah, tutorial berikut sesuai buat kamu yang mau flash berbagai tipe HP Samsung, seperti Samsung J1 Ace, Galaxy V, J2 Prime, dan sebagainya.

Cara flash handphone Samsung menggunakan PC efektif karena dapat memberikan hasil maksimal. Sebelum flashing, berikut beberapa hal yang harus kamu tahu:

  1. Backup semua data penting di ponsel. Flashing menghapus semua data termasuk di memori internal.
  2. Baterai ponsel harus terisi yaitu 50% lebih.
  3. Gunakan PC/ Laptop dengan OS. Windows
  4. Pakai kabel data original atau dengan kualitas bagus.
  5. Unduh Firmware yang cocok dengan tipe HP Samsung kamu.
  6. Unduh Samsung USB Driver.
  7. Download Odin.

Jika sudah disiapkan semua bahan yang kamu butuhkan, ikuti tahap flashing berikut ini. Tutorial flashing ini bisa dilakukan untuk semua jenis ponsel merk Samsung:

  1. Pasang Samsung USB Driver yang sudah didownload sebelumnya.
  2. Hindari ekstrak di file firmware.
  3. Unduh aplikasi Odin di PC atau laptop. Jika sudah, jalankan aplikasinya.
  4. Matikan HP Samsung, masuk ke Download Mode. Caranya: tekan dan tahan power + Home + Volume down dalam watu bersamaan.
  5. Jika sudah berhasil masuk, lepas ketiga tombol dan jangan tekan tombol apa-apa.
  6. Hubungkan handphone dengan laptop atau PC menggunakan kabel USB yang sudah disiapkan. Tunggu sampai komputer atau PC dapat mendeteksi HP.
  7. Tekan Volume Up.
  8. Tunggu sampai Odin mendeteksi.
  9. Cari firmware yang sudah diekstrak sebelumnya. Biasanya, firmware punya ekstensi .tar md5 ketika sudah diekstrak.
  10. Masukkan firmware di Odin. Lanjut dengan klik tombol AP. Kemudian, pilih file .tar md5.
  11. Pilih enable di pilihan F. Reset Time dan Auto Reboot.
  12. Jika sudah, pilih menu start, sampai tahap ini flashing akan mulai.
  13. Jika proses flashing berhasil, muncul notifikasi PASS di software Odin.
  14. Proses restart atau reboot akan berjalan secara otomatis.

Simpulan

Itulah cara flash handphone Samsung dengan menggunakan PC. Apakah bisa flash ponsel Samsung tanpa menggunakan PC? Bisa saja, namun tentu ini sebaiknya jangan dilakukan karena hasilnya kurang efektif. Sehingga, lebih baik flashing menggunakan PC agar hasilnya dapat maksimal sesuai harapan.

Sekarang, kamu bisa pakai tutorial di atas untuk melakukan flashing sendiri di rumah. Ikuti tahap demi tahap secara seksama. Periksa kembali peralatan yang harus disiapkan sebelum memulai flashing. Kamu tentu nggak mau kelabakan mencari peralatan yang belum ada, padahal sudah niat banget pengen flashing ponsel.

Jika gagal flashing, mungkin ada tahap-tahap yang terlewatkan. Jadi, jangan lupa untuk membaca ulang terlebih dahulu semua instruksi yang harus kamu jalankan. Lakukan semua dengan tenang, nggak usah buru-buru untuk flash ponsel.

Setelah itu, kamu bisa memulai mengikuti tutorial atau cara flash handphone Samsung di atas, gampang bukan? Kalau ada keluhan atau masalah, kamu bisa kok tinggalin komentar di situs ini.

zee:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*