3 Cara Hemat Kuota Internet Biar Kantong Nggak Jebol

Cara hemat kuota menjadi informasi penting saat ini. Siapa yang tidak membutuhkan kuota internet? Hampir semua orang di era modern ini pasti butuh kuota internet. Namun sayangnya harga kuota internet yang masih mahal dan banyaknya kebutuhan penggunaan sering membuat pengguna internet merasa resah.

Kebutuhan internet yang sudah mendarah daging bagi sebagian besar orang. Bahkan beberapa di antaranya justru menggunakan internet untuk kebutuhan pekerjaan. Namun bagaimana cara menghemat kuota internet agar tidak terlalu boros? Berikut ini informasinya untuk kamu.

Cara Mudah Hemat Kuota Internet

Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba untuk hemat kuota internet sehingga tidak terlalu boros.

Lebih Pintar Pilih Browser yang Pas

Pertama, kamu harus pintar pilih browser yang pas, tidak semua browser memiliki penggunaan data internet yang sama. Browser memang bisa menghabiskan paket internet jika kamu kurang bijak menggunakannya. Browser paling boros adalah mesin pencarian bawaan dari smartphone kamu.

Kenapa boros? Karena aplikasi tersebut ternyata tidak menyediakan penghemat data. Halaman situs yang kamu buka lewat peramban bisa menyedot kuota habis-habisan. Nah, jadi kamu harus mencari browser yang pas untuk smartphone kesayangan agar bisa lebih irit lagi.

Google Chrome memang bisa jadi mesin pencarian yang tepat. Nantinya kamu bisa aktifkan penghemat data. Caranya cukup mudah, tinggal klik bagian titik tiga di sebelah kanan bawah browser. Terus pilih setelan dan cari penghemat kuota internet. Selanjutnya jika sudah aktif maka akan meminimalisir situs yang sudah dibuka.

Coba Batasi Penggunaan Data Internet

Cara hemat kuota selanjutnya dengan membatasi penggunaan data internet di smartphone kamu. Sebenarnya cara ini bukan sesuatu yang asing untuk dilakukan sebab sudah ada alarm pengingat yang diberikan oleh Android. Lalu bagaimana caranya?

Sebelum itu kamu harus mengetahui bahwa setiap smartphone memiliki nama berbeda untuk pengaturan menu. Bagi pengguna Samsung kamu bisa menuju ke pengaturan atau setelan. Setelah itu masuk pada penggunaan data, jadi di sana akan ada setelan itu alarm batasan penggunaan data.

Apabila kamu sudah melebihi batas maka akan muncul notifikasi peringatan. Hal ini akan memudahkan para pengguna membatasi dirinya dalam penggunaan data internet. Cara ini cukup membantu kamu agar semakin mudah  mengetahui berapa batasan data internet yang sudah digunakan.

Coba Periksa Aplikasi yang Menguras Banyak Kuota

Lanjut pada cara ketiga kamu bisa mencoba memeriksa apa saja aplikasi yang menguras kuota internet. Mungkin penggunaan beberapa aplikasi secara tidak disadari ternyata bisa memakan banyak data internet. Ada cara untuk bisa mengetahui aplikasi apa saja yang menguras data internet.

Caranya cukup mudah tinggal masuk pada menu setelan, kemudian pilih penggunaan data atau data usage. Scroll menuju bawah kemudian kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang menghabiskan kuota paling banyak. Untuk mengatasinya cukup mudah yaitu dengan uninstall aplikasi atau batasi penggunaan aplikasi tersebut.

Sebaiknya aplikasi tersebut di-uninstal jika memang tidak terlalu penting. Tetapi jika aplikasi tersebut memiliki pengaruh pada pekerjaan maka sebaiknya dibatasi penggunaan datanya dengan tidak terlalu sering membuka aplikasi tersebut. Menggunakan seperlunya akan sangat membantu.

Menghemat kuota internet akan memberikan dampak positif pada keuangan kamu. Kamu bisa menerapkan beberapa cara di atas untuk memaksimalkan penggunaan data internet agar tidak terlalu melebihi batas. Gunakan jaringan internet sesuai dengan kebutuhan. Cara hemat kuota di atas bisa kamu gunakan semuanya.

Di situs ini, kamu juga bisa mempelajari tentang aplikasi apa aja yang bisa menguatkan sinyal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

zee:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*