Cara Melacak Handphone Dengan IMEI, Bikin Ponsel Tetep Aman!

Cara Melacak Handphone Dengan IMEI Carisemuaja.com – Cara melacak handphone dengan imei jadi salah satu tanda kalau zaman sekarang itu udah maju. Ada banyak teknologi ditemukan yang bermanfaat buat manusia. Nggak cuman adanya ratusan ponsel pintar, kamu juga bahkan sekarang bisa kok cari ponsel yang hilang.

Karena ponsel punya peran yang penting banget, bahkan untuk mengatur berbagai urusan setiap hari. Jadi, nggak lucu aja kalau kerjaan dan aktivitas jadi berantakan karena ponsel yang hilang. Terus bagaimana cara pakai imei untuk melacak ponsel?

Tentang Fungsi IMEI

IMEI, merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Adalah angka, yang terkonfigurasi yang bisa mengidentifikasi 3GPP, iDEN, serta telepon satelit.

Angka IMEI bisa dilihat di kompartemen baterai, atau juga di layar. Buat kamu yang penasaran dengan kode IMEI ponsel kamu, bisa dengan masukkan * # 06 # di dial pad.

Bagaimana IMEI bekerja? Dengan menggunakan jaringan GSM, nomor IMEI bisa kamu masukkan untuk identifikasi ponsel yang dicuri. Ketika ponsel dicuri, kamu bisa meminta provider untuk menggunakan nomor IMEI ini untuk memasukkan daftar hitam.

Selanjutnya, ponsel bakalan ngga bisa terpakai di jaringan tersebut atau jaringan lain. Walaupun, SIM udah diganti.

Tutorial Melacak Handphone Pakai IMEI

Ada beberapa cara melacak handphone dengan IMEI, sebagaimana berikut:

  1. Smartphone yang hilang bisa dilacak kalau koneksi internet dan GPS dalam keadaan aktif. Jadi, ponsel ini nggak boleh mati.
  2. Ketika kamu sudah punya nomor IMEI, laca ponsel dengan langsung ke gerai operator seluler. Ponsel akan dilacak, atau juga bisa diblokir.
  3. Nomor IMEI akan digunakan oleh operator seluler supaya mereka bisa mengidentifikasi perangkat yang sudah terdaftar di jaringan.
  4. Gunakan aplikasi Find My Device untuk melacak langsung.

Kesimpulannya, kalau kamu pengen tahu cara melacak handphone dengan IMEI, emang nggak mudah. Selain butuh usaha, memang agak ribet. Kamu harus pergi bolak-balik ke provider kartu seluler juga ke kantor polisi. Karena, kamu butuh mengurus surat keterangan.

Tapi, pentingnya menggunakan IMEI untuk melacak ponsel pintar yang hilang adalah keamanan. Terutama, jika kamu ingin menjaga data privasi yang ada di ponsel tersebut. Ingat, ponsel hanya bisa terdeteksi jika GPS, koneksi internet, dan kondisi ponsel menyala. Jadi, kalau ponsel kamu mati, tentu nggak bisa dilacak.

Cara Lacak Handphone Tanpa IMEI

Nggak cuman pakai IMEI, kamu juga bisa mencari ponsel kamu yang hilang dengan cara lain. Misalnya, kamu bisa pakai aplikasi untuk melacak HP hilang. Beberapa pilihannya adalah Find My Device, Where’s My Droid, Prey Anti-Theft, Cerberus Anti Theft, dan CrookCatcher.

Where’s My Droid bisa kamu manfaatkan untuk lacak Hp yang hilang. Fiturnya canggih juga terbilang kuat. Cara kerjanya adalah menggunakan GPS yang nantinya akan mengirim notifikasi jika ponsel dicuri saat lowbat. Kamu juga bisa tahu loh kalau pencurinya sudah ganti SIM dari ponsel yang dicuri.

Aplikasi lainnya yang populer adalah Find My Device. Aplikasi ini bisa mengunci ponsel yang dicuri dari jarak jauh. Cara kerjanya adalah agar data privasi dan lainnya yang ada di ponsel tersebut tetap aman.

Locate Your Phone merupakan fitur andalan dari aplikasi ini. Itu artinya, kamu bisa melacak ponsel yang hilang karena bisa mengirim informasi lokasi.

Nah, sekarang kamu sudah tahu seperti apa cara melacak handphone dengan IMEI. Boleh kamu coba kapanpun kamu butuhkan. semoga bermanfaat!

zee:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*