Cara Membuat Whatsaap Aman Dari Hack

Cara Membuat Whatsaap Aman Dari Hack Carisemuaja.com – Whatsaap merupakan salahsatu platform chatting yang banyak dipakai pada zaman sekarang. Kemudahan dalam berbagai aspek membuat whatsapp yang sering disingkan WA ini menarik hati para pengguna smartphone. Whatsapp dirilis pada 3 Mei 2009, dan sekarang telah diakuisi oleh Facebook Inc.  

Seiring berkembangnya waktu, dan munculnya beragam platform chatting terbaru yang tentunya menarik hati para pengguna smartphone, seakan tak mengusik ketentangan pengguna lain yang sudah nyaman dengan Whatsapp. Entah mereka malas untuk memindah data yang ada atau beberapa alasan lain.

Akhir akhir ini banyak sekali kemunculan para cracker maupun hacker yang mulai masuk dalam dunia Whatsapp. Itu tidak lain demi mengambil alih data data yang kita miliki. Banyak laporan dari beberapa pengguna yang merasa tiba tiba ada yang login menggunakan website, ada yang merasa data yang di miliki banyak yang hilang, dan lain sebagainya. Itu tidak lain merupakan ulah pihak yang menginginkan data kita.

Lantas bagaimana cara kita mengamankan nomor whatsapp kita dari perangkap para cracker maupun hacker ? Berikut beberapa tips nya.

1. Logout whatsapp web selesai menggunakan

Ini merupakan kasus yang sering terjadi karena kelalaian kita sendiri yang nantinya berdampak pada privasi kita yang terganggu. Yaitu, kita lupa untuk melakukan logout ketika kita selesai menggunakan whatsapp pada perangkat PC maupun Laptop milik seseorang. Cara logout bisa kalian terapkan langsung pada perangkat tersebut, bisa juga melakui aplikasi yang terdapat dalam smartphone kita yakni dengan masuk dalam menu Whatsapp Web lalu pilih aksi Logout untuk semua perangkat.

 

2. Jangan sesekali menginstall aplikasi yang mencurigakan

Tips selanjutnya untuk mengamankan whatsapp kita adalah jangan sesekali kita menginstall aplikasi yang dirasa mencurigakan. Bagaimana kita bisa melihat aplikasi itu mencurigakan atau tidak, yakni dengan melihat ulasan para pengguna sebelum kita yang telah menggunakan aplikasi tersebut. Saran dari kami, rating 4 sudahlah aman untuk standart aplikasi. Untuk 4 kebawah itu patut dicurigai apakah aplikasi tersebut tidak baik secara fitur, atau secara keamanan kita patut mewaspadainya.

 

3. Berhati hatilah dalam menggunakan Whatsapp Mod

Whatsapp mod ini merupakan whatsapp versi edit. Jadi, beberapa fitur tersedia yang telah dikelola untuk menambah opsi tampilan, fitur penggunaan dan lain sebagainya. Namun, kita wajib berhati hati dalam menggunakan Whatsapp mod. Karena ketika ada update dari Whatsapp original, maka kita harus install ulang Whatsapp mod tersebut, dan yang pasti data kita akan hilang apabila kita tidak melakukan backup pada data kita.

 

4. Jangan menggunakan fake nomor

Selanjutnya adalah jangan memakai fake nomor apalagi dengan tujuan biar kekinian, terlihat keren dan lain sebagainya. Ketika kita melakukan aksi tersebut, kita juga harus siap menerima konsekuensi apabila data kita hilang karena pemilik nomor tersebut aktif dan mengambil alih nomor tersebut. Maka dari itu, lebih baik gunakan nomor asli kita jika ingin data data kita aman.

5. Kesimpulan

Jika berbicara tentang keamanan whatsapp, agak berbeda dengan keamanan dalam akun akun media sosial. Karena whatsapp ini tidak menggunakan kata sandi, melainkan menggunakan kode verifikasi ketika akan memulai aktivitas baru dalam perangkat yang berbeda.

Enaknya lagi, whatsapp ini membatasi penggunakan nomor kita hanya untuk satu perangkat saja. Jadi ketika ada perangkat lain yang masuk, makan akan ada notifikasi yang memberikan opsi persetujuan apakah nomor tersebut bersedia di pindah ke perangkat lain atau tidak.

Jadi, beberapa tips diatas adalah beberapa cara antisipasi untuk mengamankan whatsapp kita termasuk dokumen dokumen yang kita miliki agar tetap aman dan terjaga dalam hal privasi. Karena jika kita benar benar teliti maka cracker maupun hacker tidak akan bisa menembus keamanan dalam whatsapp kita.

Kecuali kita melakukan blunder dengan beberapa hal yang telah disebutkan di atas. Entah itu lupa logout whatsapp web, melakukan pergantian nomor dengan nomor luar negri (nomor fake) dan lain sebagainya. Semoga artikel ini bisa membantu dalam mengamankan whatsapp yang kita gunakan sekarang.

Muhammad Febric Fitriansyah: Aktif nge blog sejak 2008. Sekarang kerja di salah satu digital advertizing company. Spesialis dalam monetisasi website dan Aplikasi. Certified with Google ADmanager, Google Admob, and Google Analytics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*