4 Cara Menghemat Baterai Handphone

Cara menghemat baterai handphone sering dibutuhkan oleh semua pengguna gadget belakangan ini. Di zaman yang serba canggih keberadaan handphone saat ini sudah bukan sesuatu hal yang asing lagi. Hampir semua orang sudah memiliki handphone bahkan dengan kapasitas baterai yang cukup tinggi. Apalagi sekarang ini semakin canggih handphone bisa membantu anda untuk melakukan banyak hal.

Agar bisa mengakomodasi berbagai macam kebutuhan yang berkembang melalui handphone tentu saja Anda membutuhkan baterai yang kuat dan tahan lama. Sebenarnya ada cara tersendiri Bagaimana anda bisa menghemat baterai handphone yang sedang digunakan. Anda bisa mencoba mengikuti beberapa cara berikut ini.

Cara Menghemat Baterai Handphone, Gampang Banget!

1. Matikan penggunaan GPS

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk menghemat baterai handphone adalah mematikan penggunaan GPS. Hal ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan daya tahan baterai handphone anda menjadi lebih awet. Jika anda memiliki navigasi aktif pada aplikasi Google Maps maka bisa mencoba beralih pada model lokasi device only.

Anda juga bisa menonaktifkan fitur GPS yang langsung terhubung pada wi-fi dan Bluetooth di handphone anda. Caranya cukup mudah dengan membuka pengaturan, kemudian keamanan dan lokasi, lanjut ke lokasi untuk menonaktifkan opsi yang satu ini. Selain itu Anda juga harus mencabut izin lokasi untuk aplikasi yang tidak memerlukannya. Cara ini akan membantu anda untuk menghemat baterai handphone jauh lebih lama.

2. Gunakan Dark Mode

Kecanggihan handphone sekarang ini juga bisa dimanfaatkan untuk lebih menghemat baterai dengan cara mengaktifkan dark mode. Latar belakang yang berwarna gelap akan meningkatkan usia baterai karena layar AMOLED hanya akan menerangi piksel berwarna. Semakin banyak pixel hitam yang Anda gunakan pada handphone maka semakin irit baterai yang digunakan.

Cara menghemat baterai handphone juga bisa mencoba memasang wallpaper gelap secara manual. Sekarang ini juga ada beberapa aplikasi menyediakan fitur dark mode yang bisa anda gunakan. Penggunaan fitur tersebut juga akan membantu untuk mengirit baterai handphone anda pada saat digunakan.

3. Berikan batas pada aplikasi yang berjalan

Sebagian besar aplikasi yang Anda gunakan tetap aktif akan setelah anda tidak menggunakannya lagi. Di situ baterai Android terkuras dengan cepat. Anda bisa memberikan pengaturan sederhana di mana aplikasi yang digunakan tidak dibatasi untuk mengakses baterai. Jadi anda bisa menutup secara keseluruhan aplikasi yang terbuka di latar belakang.

Biasanya hal tersebut sudah tersedia pada Android dimana anda bisa menutup beberapa aplikasi di latar belakang dengan cara yang berbeda pada setiap handphone. Tapi Anda juga bisa menggunakan cara manual yaitu langsung masuk pada pengaturan, kemudian aplikasi dan pemberitahuan, pilih aplikasi yang ditutup, dan pilih lanjutan, baterai, dan pembatasan latar belakang.

Cara Menghemat Baterai Handphone – Nonaktifkan Google asisten

Google Asisten baru-baru ini memang sedang menjadi di aplikasi yang banyak dibutuhkan untuk memberikan banyak peringatan dan bantuan pada pengguna handphone. Bisa dikatakan bahwa Google Assistant adalah alat praktis yang memudahkan pekerjaan Anda sehari-hari. Namun keberadaan Google Asisten justru bisa membuat baterai handphone anda terkuras lebih cepat. Jadi anda bisa mencoba untuk menonaktifkan Google Assistant.

Sebenarnya cukup banyak cara yang bisa anda gunakan untuk mengirit baterai handphone yang sedang digunakan. Akan jauh lebih baik lagi jika Anda membeli handphone yang memiliki kapasitas baterai yang cukup besar sehingga jauh lebih awet ketika digunakan. Anda bisa mencoba beberapa cara menghemat baterai handphone di atas.  Jika ponsel sering kehabisan baterai secara tidak wajar, mungkin ponsel kamu juga sedang disadap! Pelajari semuanya disini.

zee:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*