2 Cara Mengirim Email Lewat Handphone Paling Gampang

Cara mengirim email lewat handphone cukup mudah dilakukan jika anda sudah terbiasa. Bagi beberapa orang yang sering sekali mengirimkan pesan atau file dari email pasti sudah tidak penasaran lagi dengan ulasan artikel di bawah. Ternyata masih banyak juga para pengguna Android yang kebingungan bagaimana cara mengirimkan pesan melalui email dan mengirim file.

Email menjadi salah satu aplikasi yang sudah tersedia pada handphone anda secara otomatis ketika baru membelinya. Beberapa orang memiliki kepentingan dengan penggunaan pada email untuk mengirimkan pesan. Namun, jika anda tidak mengetahui caranya maka bisa membaca berbagai macam informasi di bawah ini untuk mengirimkan pesan melalui email.

Cara Mengirim Pesan pada Email

Sangat sederhana cara yang bisa anda lakukan untuk mengirim email pada handphone. Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama Anda bisa membuka aplikasi Gmail yang sudah tersedia pada handphone anda. Biasanya aplikasi yang satu ini digabungkan dengan shortcut Google, tergantung pada jenis handphone yang digunakan.
  • Jika sudah Anda bisa memilih tombol pensil berwarna putih dengan lingkaran merah pada bagian bawah.
  • Beberapa handphone juga ada yang menggunakan dengan tampilan tanda plus (+) untuk menulis email, anda bisa memilihnya.
  • Selanjutnya Anda bisa menulis email yang akan dikirimkan. Untuk kolom “to” anda bisa menulis email alamat penerima. Sedangkan untuk bawahnya anda bisa mengisi judul dan title email.
  • Baik anda bisa mengirimkan dengan memilih icon panah atau pesawat kertas yang ada pada bagian pojok kanan atas.
  • Apabila Anda ingin mengirim ke banyak penerima sekaligus maka pilih menu “add cc/bcc” di email.

Cara Mengirimkan File Melalui Email

Sampai saat ini masih banyak juga yang bingung bagaimana cara mengirim email lewat handphone tetapi yang dikirim adalah file lampiran. Sebenarnya cara yang digunakan hampir sama dengan yang di atas tetapi anda harus memilih file terlebih dahulu yang akan dikirimkan. Untuk lebih sederhananya lagi Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Pertama Anda bisa membuka aplikasi Gmail di handphone anda.
  • Setelah itu Anda bisa memilih ikon pensil atau tambah (+) seperti awal akan mengirimkan email baru.
  • Anda bisa mengisi alamat penerima, subjek, dan judul seperti awal tadi.
  • Jika sudah, anda bisa memilih ikon clip untuk menambahkan file yang akan dikirim. Ikon klip tersebut ada di bagian atas dekat ikon pengiriman.
  • Pilih Lampirkan File
  • Setelah itu Anda bisa memilih file yang akan dikirimkan.
  • Tunggu sampai file tersebut ter-upload 100%, biasanya ditandai warna biru.
  • Jika sudah anda bisa mengirimkannya dengan ikon panah.

Tips Kirim File Lampiran di Email Menggunakan Handphone

Ada tips yang bisa anda gunakan ketika akan mengirimkan file lampiran di email. Apabila Anda ingin mengirimkan berupa dokumen atau format PDF maka sebaiknya simpan terlebih dahulu file tersebut ke folder download. Hal tersebut akan membantu anda untuk tidak kesulitan menemukan file yang akan dikirimkan.

Alternatif lainnya Anda bisa menginstal file explorer terlebih dahulu sehingga bisa browse semua folder yang ada di handphone anda. Sehingga proses pencarian menjadi lebih damu lagi dan akan dikirim sebagai lampiran.

Cukup mudah untuk mengirimkan pesan atau file melalui email di handphone anda. Mengirimkan pesan melalui email di handphone Memang jauh lebih praktis dibandingkan jika anda harus membuka laptop atau komputer ketika ingin mengirimkan email tersebut. Anda bisa mencoba mengikuti beberapa cara mengirim email lewat handphone di atas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

zee:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*