Cara Screenshot di PC/ Laptop Paling Instan, 100% Works!

Cara screenshot itu gimana sih? Screenshot atau screen capture adalah tangkapan layar. Biasanya sih, bisa dipakai buat foto aktivitas online. Misalnya buat ambil gambar, foto tutorial, foto bukti chat, dan masih banyak lagi.

Nah, perlu diketahui ya, screenshot di komputer/ PC/ laptop itu bisa dilakukan dalam berbagai cara loh. Semua cara ini juga bisa kamu coba di jenis komputer, mulai dari windows sampai Linux. Kamu juga bisa coba di Mac.

Tekan Tombol Prt Sc Sysrq

Cara ini cocok buat screenshot atau screen capture di semua jenis laptop atau komputer sistem operasi Windows. Nggak cuman itu, kamu juga bisa pakai screenshot ini di semua jenis komputer.

Perlu diketahui, kalau tulisan atau tombol print screen di keyboard computer itu kadang berbeda. Beberapa produk keyboard punya simbol prt sc

untuk print screen. Beberapa lainnya mungkin pakai prt sc syrq.

Cara screenshot pakai tombol ini gampang banget. Kamu tinggal tekan aja tombol prt sc sysrq atau prt sc. Semua tergantung dari keyboard yang kamu pakai sih.

Perlu dicatat kalau hasil screenshot nggak bisa disimpan di folder. Biar bisa dilihat dan disimpan, kamu harus paste hasilnya di program office. Misalnya, bisa pakai power point, word, atau pogram grafis seperti paint.

Begitu udah kalian pilih tombol print screen, tekan dan buka salah satu program grafi atau office. Terus, paste (bisa dengan tekan tombol ctrl + V

). lanjut dengan klik menu paste di program yang udah kamu pilih. Kalau pakai mouse, berarti harus klik kanan terus pilih paste.

Cara buat screenshot ini emang praktis banget, tapi kelemahannya adalah kamu nggak bisa milih area screenshot. Teknik ini dipakai dengan hasil screenshot 1 layar di laptop.

Selain itu, kamu juga harus paste dulu ke program grafis atau office biar hasil screenshot bisa terlihat. Jadi, cara ini butuh diedit dulu kalau memang pengen di crop di beberapa bagian.

Cara screenshot Dengan Tombol Windows + Print Screen

Note: Cara ini cuman bisa dilakukan di laptop Windows 8 atau Windows 10.

Untuk coba cara ini, tekan tombol windows (gambar jendela kalau di laptop) + Print Screen.

Tombol print screen bisa bertuliskan prt sc sysrq atau prt sc. Tergantung keyboard laptop atau komputer yang kamu pakai.

Kelebihan cara ini adalah, hasil screenshot kamu bisa langsung kesimpen di folder picture terus di folder screenshot.

Cara Screenshot Dengan Print Screen + Alt

Nggak jauh berbeda dengan cara nomor satu, pakai cara ini dengan 2 tombol: prt sc + alt.

Hasil screenshot juga bisa dilihat ddengan cara di-paste di salah satu aplikasi office (word, excel, power point). Atau, kamu juga paste di Microsoft paint, corel, photoshop, atau aplikasi grafis.

Snipping Tool

Note: Cara ini cuman bisa dipakai di Windows Vista 7, 8, dan Windows 10.

Berbeda dengan cara di atas yang pakai tombol di keyboard, cara ini menggunakan aplikasi yang tertanam di Microsoft. Snipping tools merupakan aplikasi yang sudah ada di Windows, terutama versi vista ke atas.

Kamu bisa search di Windows dengan ketik “snipping tool”. Terus buka aplikasi dengan klik kiri mouse dua kali. Cara screenshot ini punya kelebihan, yaitu bisa pilih area yang ingin di screenshot, mulai dari free form, full screen, rectangular, dan Window.

Nah, sekarang kamu sudah tahu berbagai cara screenshot dari komputer atau laptop manapun. Gampang, kan?

zee:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*