5 Ciri Ciri Handphone Disadap, Cek Ponsel Kamu Sekarang

Kamu tau nggak ciri ciri handphone disadap, itu kayak gimana? Beberapa waktu yang lalu, kamu mungkin sudah baca tentang bagaimana cara sadap handphone. Nah, sekarang kalau kamu ngerasa bahwa handphone kamu lagi disadap, dan masih bingung, ada kok beberapa ciri-ciri yang dapat kamu pelajari.

Ciri-Ciri Handphone Disadap – Baterai Bermasalah

Baterai jadi cepat panas dan cepat habis adalah salah satu ciri-ciri hp kamu lagi disadap. Biasanya nih, baterai bermasalah seperti itu karena emang pemakaian aplikasi begitu banyak. Atau, pemakaian ponsel yang kurang dikontrol juga jadi alasan baterai jadi panas.

Tapi, kamu patut curiga kalau baterai hp kamu jadi cepet habis, padahal pemakaiannya masih sangat wajar. Bisa jadi, itu pertanda kalau ponsel kamu lagi disadap pacar, atau orang lain.

Daya baterai ponsel yang tiba-tiba langsung gampang habis padahal jarang dipakai juga bisa jadi penyebab malware. Artinya, seseorang sudah menyadap ponsel dan kirim semua aktivitas pada ponsel kamu.

Data Seluler Lebih Tinggi

Hal lainnya yang wajib kamu ketahui sebagai ciri ciri handphone disadap adalah pada bagian data seluler. Ketika ponsel disadap, jelas butuh jaringan internet atau sambungan sinyal yang begitu besar.

Sehingga, kalau data koneksi internet itu terpakai di atas kewajaran, terlebih kamu nggak pernah pakai banyak kuota, itu berarti ponsel kamu sedang disadap. Itulah mengapa sangat penting untuk cek ponsel kamu.

Jika ada peningkatan data internet yang kurang wajar, atau kamu temukan sumber masalah termasuk tethering internet, aplikasi berjalan, dll, itu berarti ada yang sedang menyadap handphone kamu.

Performa HP Menurun

Jika ponsel kamu mengalami penurunan performa, sering lemot, atau apapun yang padahal biasanya nggak seperti itu, berarti bisa jadi ponsel sedang disadsap. Memang, masalah seperti ini bisa dibereskan dengan cara bersihkan cache atau hapus data yang tidak dipakai.

Namun, bagaimana kalau nggak ada cache atau nggak ada data yang sangat tinggi sampai memori kamu limit? Nah, ini mungkin menjadi salah satu tanda kalau ada malware yang menyebabkan masalah tersebut.

Malware sangat mungkin mengakses berbagai informasi, termasuk pesan di ponsel kamu. Sehingga, performa ponsel jadi lebih lambat.

Menerima Pesan Aneh

Biasanya, ketika kamu mendapatkan pesan aneh, mungkin akan menganggapnya sebagai spam. Namun, tahukah kamu bahwa pesan yang kamu terima bisa jadi sebagai tanda bahwa handphone kamu telah disadap?

Itulah mengapa, ada baiknya untuk memperhatikan berbagai pesan yang mendadak muncul, seperti berisi karakter, simbol acak, angka, dan lainnya.

Jika ada pesan singkat yang masuk, ini adalah tanda kejahatan cyber yang sangat mungkin terjadi. Jika pesan tersebut berhasil masuk ke perangkat, maka biasanya pihak ketiga akan menyadap ponsel tanpa kamu sadari.

Muncul Aplikasi Yang Tidak Pernah Kamu Install

Ponsel baru selalu dilengkapi dengann aplikasi bawaan. Namun, untuk aplikasi lainnya, kamu harus download dulu agar bisa dipasang di ponsel kamu. Itulah mengapa kamu patut curiga jika tiba-tiba ada aplikasi yang nggak pernah kamu install sebelumnya terpampang di layar ponsel kamu.

Hal ini dikarenakan, sangat mungkin untuk menyadap ponsel lewat pemasangan aplikasi. Banyak pengguna yang nggak menyadari hal ini. Bahkan, yang lebih canggih adalah aplikasi tersebut tidak muncul di ponsel, namun berjalan di background ponsel.

Cara agar kamu bisa tahu apa aplikasi yang sedang berjalan di background adalah dengan cek. Cari tahu aplikasi apa yang sedang berjalan, kemudian apakah ada aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan tapi bikin performa ponsel jadi tidak biasa.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja ciri ciri handphone disadap. Kalau ada tanda-tanda di atas, segera cek ya!

zee:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*