9 Dzikir Setelah Sholat Magrib, Wajib Dicoba

Dzikir setelah sholat magrib sangat penting, sebab Nabi Muhammad SAW tidak pernah melewatkannya. Sebenarnya tidak hanya sholat magrib saja, semua sholat lima waktu Rasulullah SAW juga tidak pernah melewatkannya.

Di indonesia sendiri juga hampir setiap sholat selalu melantunkan dzikir atau wirid. Memang, yang paling menonjol ketika sholat magrib dimana biasanya dzikir dibacakan lebih lama.

Sebenarnya tidak ada hal yang menjadikan sholat magrib dan sholat lainnya berbeda. Hanya saja ketika sholat magrib semakin banyak jamaah yang datang karena sudah terbebas dari aktivitas padat.

Nah, ada beberapa dzikir yang biasanya digunakan setelah sholat, misalnya seperti tasbih, tahmid, dan takbir sebanyak 33 kali. Ada banyak keutamaan yang mungkin bisa dirasakan.

Dzikir Setelah Sholat Magrib yang Sering Dipakai

Di beberapa daerah dzikir atau wirid yang dilakukan setelah sholat magrib biasanya berbeda-beda. Rasulullah SAW sendiri mengatakan bahwa Allah SWT akan menjamin pengabulan doa yang dibaca setelah sembahyang lima waktu tersebut. 

Ada beberapa rangkaian dizkir yang perlu dibaca setelah melakukan sholat magrib dan subuh. Jika anda belum pernah tahu, maka bisa membaca ulasan kami berikut ini.

Rangkaian Dzikir Setelah Sholat Magrib

  1. Disarankan untuk selalu membaca istighfar tiga kali sembari mempertahankan posisi kaki.
  2. Dilanjutkan dengan membaca doa keselamatan. “ Allahumma antassalam waminkassalam tabarakta Ya dzaljaliwal ikram”
  3. Setelah itu Anda bisa membaca kalimat tauhid. “ Laa ilaha illallah wahda, laa syarika lah, Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir”.
  4. Bacakan puji-pujian kepada Allah SWT. “subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah Wallahu  Akbar”. Dibaca sebanyak 33 kali.
  5. Lanjutkan dengan membaca surah Al-Fatihah
  6. Ayat kursi juga bisa dilanjutkan setelah bacaan Fatihah.
  7. Anda bisa membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas
  8. Setelah itu, barulah membaca Tasbih, Tahmid, dan Takbir.
  9. Dzikir setelah sholat magrib bisa anda lanjutkan dengan membaca kalima tauhid dan bacaan hauqolah. “Allaahu akbar Kabiiraan Wal Hamdulillahi Katsiraan. Wasubhaanallahi Bukratan Wa Ashiilaan. Laa Ilaaha Illallaahu Wahdahu Laa Syariikalahu, Lahul Mulku Walahul Hamdu Yuhyi Wa Yumiitu Wahuwa ‘Alaa Kulli Syaaiin Qodiir. Walaa Haula Walaa Quwwata Illa Billahil ‘Aliyyil Adziim.

Setelah melakukan dzikir di atas, anda bisa melanjutkan dengan berbagai macam doa. Ada berbagai macam doa yang sering dilafalkan ketika selesai sholat magrib seperti berikut ini.

Doa Setelah Sholat Magrib

  1. Pertama, anda bisa memanjatkan doa selamat dunia akhirat.
  2. Dilanjutkan dengan doa untuk kedua orang tua. “Allahummaghfirlii Waliwaalidayya Warhamhumaa Kamaa Rabbayaanii Saghiiraa”.
  3. Bacalah doa bahagia di dunia dan diakhirat. “Rabbanaa Aatinaa Fid Dun Yaa Hasanatan. Wafil Aakhirati Hasanatan Waqinaa Adzaabannaar”
  4. Terakhir, anda bisa membaca doa penutup. “Washallallaahu ‘Alaa Sayyidinaa Muhammadin Wa’Alaa Aali Sayyidina Muhammad. Walhamdulillaahi Rabbil ‘Alamiin”.

Ada banyak dzikir yang biasanya digunakan ketika sholat lima waktu. Beberapa orang ada yang menggunakan semuanya, ada juga yang digunakan beberapa saja. Tetapi paling penting adalah menyempatkan diri untuk duduk dan membacakan dzikir kepada Allah SWT. 

Dzikir tidak hanya membuat doa menjadi terkabul, tetapi juga bisa membuat hati anda merasa lebih tenang. Sering-sering menyebut nama Allah SWT tentu saja bisa membuat perasaan menjadi tenang dan semua masalah sudah tidak menjadi beban.

Apapun masalah yang ditemui pasti bisa dihadapi dengan tenang tanpa ada rasa ragu. Selain membuat rasa tenang dalam hati ternyata dzikir setelah sholat magrib masih banyak manfaatnya. 

 

Muhammad Febric Fitriansyah: Aktif nge blog sejak 2008. Sekarang kerja di salah satu digital advertizing company. Spesialis dalam monetisasi website dan Aplikasi. Certified with Google ADmanager, Google Admob, and Google Analytics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*