Mengulas Arti Kata “Gong Xi Fat Cai”

Mengulas Arti Kata "Gong Xi Fat Cai". source: https://starstruckworld.wordpress.com/2014/01/31/gong-xi-fa-chai-happy-chinese-new-year/

Gong Xi Fat Cai Carisemuaja.com – Imlek atau Tahun Baru China selalu identik dengan Angpao, Petasan dan kata Gong Xi Fat Cai. Lalu and pasti bertanya-tanya apa sebenarnya makna di balik kata tersebut. Kata ini selalu terdengar atau terlihat di mana saja ketika suasana imlek.

Sebelum kita bahas lebih jauh, kata ini sendiri tidak bermakna selamat tahun baru. Secara harfiah, kata ini berarti selamat dan sejahtera. Kata Gong Xi sendiri erat kaitannya dengan legenda China mengenai binatang buas Nian yang kerap memangsa mereka. Penduduk China mengucapkan kata ini untuk memberikan ucapan selamat kepada mereka yang selamat dari kebuasan binatang Nian.

Lalu kata “Fat Cai” bisa diartikan sebagai berkembang dan menjadi kaya. Adapun jika kita coba rangkai kembali makna kata Gong Xi Fat Cai adalah Selamat dan semoga tetap sejahtera. Tentu terdengar bukan seperti ucapan tahun baru. Namun jika digali lebih dalam, pada dasarnya pergantian tahun identik dengan sesuatu yang mengarah lebih baik. Dalam kaitannya dengan Imlek, diharapkan di tahun-tahun kedepan rejeki, peruntungan dan kesehatan akan menjadi lebih baik.

Kata ini sendiri berasal dari Bahasa Mandarin yang merupakan bahasa resmi China (sekarang Tiangkok). Di dalam bahasa kanton yang merupakan salah satu bahasa lokal di China, kata ini berbunyi Gong Hei Fat Choy. Bahasa Kanton sendiri kurang lebih dituturkan oleh hampir 70 juta orang di seluruh dunia.

Ucapan seperti “sui sui ping an” yang artinya kestabilan dan kedamaian dari tahun ke tahun dan juga “nian nian you yu” yang bermakna tiap tahun diberkati kelimpahan panen juga sering diucapkan di dalam perayaan implek ini.

Namun seiring dengan pengaruh globalisasi, kebanyakan dari orang yang merayakan imlek mengucapkan “Happy Chinese New Year” pada saat perayaan ini. Namun, bukan berarti kata Gong Xi Fat Cai menjadi jarang terdengar lagi. Ucapan ini menjadi salah satu syarat untuk anak-anak jika ingin memintai angpao kepada mereka yang sudah bisa memberikan angpao.

Written by admin

One Comment

Leave a Reply
  1. di Indonesia sendiri, etnis tionghoa / chinese mayoritas adalah dari sub-etnis Hokkien di Fuzhou, dalam bahasa hokkian, kata ini sebutannya “kiong hi fat cai” atau biasa cukup disingkat “kiong hi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berikut 6 Tips Menggambar untuk Pemula yang Bisa Anda Lakukan

Berikut 6 Tips Menggambar untuk Pemula yang Bisa Anda Lakukan

Virus Korona Sudah Menjangkit 2019 Jiwa, 56 Dipastikan Meninggal https://unsplash.com/photos/LiNIONbajm4 Photo by CDC

Virus Korona Sudah Menjangkit 2019 Jiwa, 56 Dipastikan Meninggal