Huawei P30 Pro, Masih Layak Untuk Dibeli di 2020?

Huawei P30 Pro Carisemuaja.comDi tahun 2019, bukan tahunnya si Huawei. Karena ada masalah politik dengan US, yang menyebabkan penjualan terganggu. Yaitu kerjasama dengan Google Service mesti di stop dulu.

Nah P30 Pro ini adalah hp flagship terakhir Huawei yang masih menggunakan Google Service. Tapi, yang jadi pertanyaannya, Apakah beli Huawei P30 Pro di tahun 2020 ini masih “worth it”?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, kita ulas balik yuk spesifikasi-spesifikasi keren dan inovasi di P30 Pro ini. Pertama soal spesifikasinya, menggunakan Kirin 980(Processor bikinan Huawei sendiri), dengan RAM 8 GB dan Penyimpanan hingga 256 GB.

Dan di tahun 2020 ini, sudah bisa di upgrade ke EMUI 10 berbasis Android 10. Udah pasti keren banget ya kalau melihat spesifikasinya, dan ga ketinggalan jaman sepertinya kalau di tahun 2020.

Yang kedua mari kita bahas kameranya. Ini merupakan yang dibanggakan oleh Huawei saat merilis HP ini. Karena hasil kolaborasinya dengan Leica (salah satu perusahaan produksi kamera, lensa, dll yang legendaris) berhasil membuat kamera di P30 Pro ini keren banget.

Meski jika dibandingkan dengan hasil jepretan dari flagship HP di tahun 2020, sudah bukan yang terbaik. Tapi bisa dibilang hasil foto kamera P30 Pro masih sangat bagus. Apalagi kualitas zoom nya yang super keren di berbagai kondisi pencahayaan. Hasil video juga bagus untuk bersaing di tahun 2020 ini. Dengan kualitas 4K yang stabil dan juga zoom nya gak kalah bagus.
Ketiga yaitu soal design. Warna yang elegan dan bisa dibilang ini adalah sesepuh dari handphone-handphone yang keluar akhir-akhir ini. Banyak yang terinspirasi dari design dan warna P30 Pro ini. Selain itu, layar P30 Pro ini sudah Panel Amoled Display dan sudah ada In-display fingerprint dengan kecepatan dan akurasi yang bagus.

Keempat spesifikasi lainnya seperti Wireless Charging, NFC, Dust and water resistant, sepertinya juga masih masuk akal untuk di tahun 2020 dan bisa dibilang cocok buat masa depan. Selain itu, baterai yang tahan lama banget juga bisa isa dipakai seharian

Kesimpulannya, menurut saya ini masih sangat layak untuk dibeli di tahun 2020, dan ini flagship terakhir dari Huawei yang masih pakai Google Service. Namun, ada beberapa hal juga yang perlu dipertimbangkan. Karena hubungan Huawei dengan US masih belum pasti, tidak menutup kemungkinan untuk update- update Android di tahun berikutnya akan tersendat.

Tapi, saya yakin dengan Huawei tidak akan diam saja. Buktinya, mereka sekarang sedang mengembangkan Harmony OS miliknya yang sekarang masih dicoba di HP-HP keluaran barunya. Dan mudah-mudahan kalau mereka ada kendala nantinya, mereka bisa adopsi Harmony OS dan bisa jadi pengganti Google Service.

fahira:
Leave a Comment