Geografi

17 Ilmu Penunjang Geografi

Ilmu Penunjang Geografi Carisemuaja.com – Dalam mempelajari ilmu geografi diperlukan ilmu-ilmu lain sebagai ilmu penunjang atau pendukung. Berikut adalah Ilmu Penunjang Geografi.

1. Geomorfologi

Geomorfologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bentuk muka bumi dan bagaimana proses terjadinya.

2. Hidrologi

Hidrologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang air baik di permukaan maupun di bawah permukaan tanah.

3. Geologi

Geologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi, meliputi asal terjadinya, struktur, komposisi sejarah, serta proses alamiahnya.

4. Pedologi

Pedologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tanah.

5. Botani

Botani adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang dunia tumbuhan dan persebarannya.

6. Oceanografi

Sesuai dengan namanya, oceanografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang laut, beserta dengan isinya.

7. Meteorologi

Meteorologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keadaan cuaca. Di indonesia, penerapan ilmu ini ada pada BMKG atau kepanjangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

8. Klimatologi

Klimatologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang iklim. Salah satu Perbedaan iklim dan cuaca sendiri ada pada cakupan wilayah dimana cuaca cakupannya lebih kecil dibandingkan iklim.

9. Biologi

Biologi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan alam atau IPA. Biologi sendiri merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang makhluk hidup yang ada di permukaan bumi.

10. Demografi

Demografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang aspek-aspek kependudukan.

11. Zoologi

Zoologi adalah ilmu pengetauan yang mempelajari tentang hewan dan persebarannya di muka bumi. Zoologist adalah sebutan bagi para ahli zoologi.

12. Antropologi

Antropologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang manusia dan kebudayaannya.

13. Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pola pergaulan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Ahli sosiologi disebut sosiolog.

14. Ekologi

Ekologi adalah cabang dari ilmu biologi yang khusus mempelejari tentang hubungan antarorganisme dan antara organisme dengan lingkungan.

15. Ekonomi

Ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang usaha-usaha manusai dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari mereka. Ilmu ini sendiri erat kaitannya dengan uang dan alat transaksi. Ekonom adalah sebutan orang yang ahli dalam bidang ekonomi

16. Astronomi

Astronomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang antariksa, proses-proses terbentuknya, dan juga benda-benda antariksa. Ahli astronomi disebut astronom.

17. Geografi Politik

Ilmu ini adalah cabang ilmu geografi yang secara khusu mempelajari tentang kondisi-kondisi geografis ditinjau dari sudut pandang politik dan kepentingan negara.

Comment here