CPNS

Ingin Jadi PNS? Berikut Persyaratan Umum Pendaftaran CPNS

Ingin Jadi PNS? Berikut Persyaratan Umum Pendaftaran CPNS https://unsplash.com/photos/nE2HV5AUXFo

Persyaratan Umum Pendaftaran CPNS Carisemuaja.com – Menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS tentu menjadi banyak cita-cita orang. Namun banyak diantara kita mungkin masih belum tau langkah-langkah dan apa saja syarat untuk menjadi PNS.

Pendaftaran CPNS hanya bisa diakses melalui portal nasional sscn.bkn.go.id Jadi jika anda menemukan situs lain yang bisa melakukan pendaftaran CPNS berarti website tersebut adalah website yang salah.

Syarat Umum Pendaftar CPNS

1. Merupakan Warga Negara Indonesia
2. Usia paling rendah adalah 18 tahun dan usia maximal adalah 35 tahun pada saat melamar.
3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
5. Tidak berkepundudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Republik Indonesia.
6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan.
8. Sehat jasmani atau rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar.
9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesi atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah dan Persyaratan lain sesuai kebutuhan Jabatan yang ditetapkan oleh PPK.

Untuk batas usia, untuk beberapa Jabatan tertentu usia maximal pelamar paling tinggi adalah 40 tahun.

Berkas-Berkas Persyaratan Umum Pendaftaran CPNS

Ada dua jenis berkas data yang harus disiapkan bagi perlamar untuk mendaftar seleksi CPNS. Berkas pertama yaitu berkas soft copy atau biasa kita sebut berkas digital yang nantinya akan diunggah ke situ SSCN. Berkas kedua adalah berkas hard copy yaitu berkas salinan yang harus diberikan ke sejumlah instansi. Jika persyaratan di instansi mencantumkan bahwa pelamar harus mengirimkan berkas fisik, pelamar harus memperhatikan alamat instansi yang dituju.

Untuk berkas soft copy yang akan di unggah ke situs SSCN, pelamar harus menyiapkan bentuk file dalam format PDF. Terkecuali untuk pas foto, tipe file nya adalah JPG atau JPEG. Adapun berikut detail data yang akan di unggah ke situs SSCN:
1. Pas foto (wajah terlihat, pakaian formal, latar belakang merah), besar arsip digital antara 120 – 200 KB dengan format JPG atau JPEG.
2. Kartu Keluarga (dalam bentuk SCAN file PDF)
3. Foto diri dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.
4. Dokumen-dokumen lain sesuai dengan ketentuan lembaga terkait yang bisa dilihat di website SSCN.
5. Langkah terakhir setelah melakukan pendaftaran secara online adalah jangka lupa untuk mencetak kartu pendaftaran anda.

Selanjutnya, beberap instansi membutuhkan anda untuk mengirimkan berkas fisik atau hard copy sebagai syarat administrasi. Berikut adalah detail mengenai berkas-berkas yang perlu anda siapkan:
1. Pas foto(4cmx6cm) sebanyak 4 lembar dengan latar belakang merah.
2. fotocopy KTP
3. Fotocopy Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi. Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Ijazah Sementara tidak akan diterima untuk mendaftar.
4. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT (opsional)
5. Surat lamaran tulis tangan tint hitam dengan materai Rp.6000. Format surat bisa diunduh di portal SSCN.
6. Surat keterangan dokter (bagi pelamar difabel). Format surat juga bisa diunduh dari website SSCN.

Comment here