2 Jenis Jenis Kiamat yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Berapa banyakkah jenis jenis kiamat? Mungkin saja pernah terlintas di benak kamu. Hari kiamat merupakan hari kehancuran dari alam semesta dan juga segala macam kehidupan yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu tetapi orang-orang yang sudah meninggal juga akan di bangkitkan kembali untuk di hisab amal dan perbuatannya.

Hari kiamat merupakan salah satu rukun iman yang sudah sepatutnya dipercayai oleh kaum muslim. Hari tersebut semua kehidupan yang sudah Allah ciptakan akan berakhir dan pasti akan terjadi. Kapankah hari kiamat akan terjadi? Hal tersebut masih menjadi rahasia milik Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Apa saja jenis jenis kiamat yang mungkin bisa terjadi di muka bumi ini? Berikut ini informasi yang bisa kamu dapatkan.

Jenis Jenis Kiamat

Ada beberapa jenis hari akhir yang harus kamu ketahui dan juga beberapa tanda-tandanya seperti berikut ini.

Kiamat Kecil atau Sugra

Jenis hari akhir pertama adalah kiamat kecil atau kiamat sugra yang sudah banyak diketahui oleh kaum muslim. Pada kehidupan sehari-hari mungkin saja kamu pernah melihat tanda kiamat sugra namun tidak pernah dianggap serius.

Padahal bisa jadi hal tersebut merupakan peringatan dari Allah SWT agar kamu lebih dekat dan bertawakkal kepada Allah SWT.

Ada contoh Bagaimana kiamat sugro tersebut terjadi, misalnya saja pada saat seseorang meninggal. Setiap makhluk hidup yang memiliki nyala pasti akan mengalami kematian dan kembali pada sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Kematian seseorang bisa menimbulkan kesedihan atau musibah bagi orang terdekat. Kamu nelpon sebut merupakan ketetapan dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Selain kematian ada juga bencana alam yang termasuk salah satu tanda-tanda hari kiamat sugro. Bagaimana cara bencana alam merupakan sebuah musibah sehingga mengakibatkan dampak yang cukup besar.

Harusnya hal ini menjadi peringatan agar manusia lebih dekat lagi pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Kiamat Besar atau Kubra

Jenis jenis kiamat selanjutnya adalah kiamat kubra atau kiamat besar. Kiamat Kubra adalah hari dimana seluruh kehidupan makhluk yang ada di dalam semesta berakhir. Tidak ada satupun manusia yang tahu dengan pasti kapan hari akhir besar akan terjadi sekalipun mereka mengupayakan menggunakan teknologi yang canggih.

Tanda-tanda dari kiamat kubra Ini sebenarnya sudah diketahui oleh orang muslim, berikut ini beberapa tanda dari kiamat kubra atau hari akhir besar.

  • Pada pertama adalah munculnya nabi terakhir yaitu Nabi Muhammad dan juga wafatnya.
  • Waktu akan berlalu dengan terasa lebih cepat
  • Adanya peperangan dan pembunuhan tetapi menjadi hal yang wajar bagi manusia
  • Munculnya berbagai bangunan-bangunan yang besar dan tinggi
  • Banyaknya minuman keras yang menjadi hal populer
  • Padang di gurun Arab menjadi hijau.
  • Muncul bangunan-bangunan yang ada di Mekah, tetapi lebih tinggi daripada gunung di Mekah.
  • Invasi orang-orang berkulit putih dan mata sipit sebelah Jalan datar dengan menggunakan sandal bulu.
  • Banyaknya keburukan di bandingkan kebaikan, misalnya seperti pencurian, penipuan, bahkan juga perizinan merajalela.

Sebenarnya beberapa tanda-tanda di atas adalah sebagian kecil dari peringatan kiamat kubra muncul. Tanda-tanda yang jauh lebih besar dan pasti seperti munculnya Dajjal, Matahari akan terbit dari barat dan menandakan ditutupnya pintu taubat, turunnya nabi Isa, dan masih banyak lagi.

Kedua jenis jenis kiamat tersebut sebenarnya sudah sangat dipahami oleh beberapa kaum muslim. Namun sayangnya sampai detik ini masih banyak juga orang-orang yang belum menyadari bahwa kehidupan yang mereka jalani hanyalah sementara.

Berbagai macam tanda-tanda kiamat yang terus bermunculan ada baiknya dijadikan peringatan untuk lebih dekat pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

zee:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*