Jenis-Jenis Pantai – Materi Geografi

Pantai adalah bagian daratan yang terdekat dengan laut. Garis pantai adalah garis batas antara laut dengan darat.

Pesisir adalah bagian daratan yang tergenang oleh air laut ketika pasang naik dan kering ketika pasang surut.

Jenis-Jenis Pantai adalah sebagai berikut.

Pantai Haff

Pantai haff, yaitu bagian dari laut di tepi pantai yang terpisah akibat adanya sebuah lidah tanah atau kubu pesisir (nehrung). Misalnya: Pantai Samas di Yogyakarta.

Kubu pesisir terjadi karena dua hal sebagai berikut.

  1. Ombak merusak pantai di beberapa tempat sehingga hasilperusakan yang berupa pasir mengendap dan sebagian lagi diletakkan dekat daratan. Pasir di daratan inilah yang menjadi kubu pesisir.
  2. Di dekat sebuah tanjung yang dilalui oleh arus laut sering terjadikubu pesisir. Kubu pesisir makin lama semakin tinggi sehingga kering ketika pasang surut. Oleh karena itu, angin laut dapat leluasa meniupkan pasir itu ke arah darat dan mulailah terjadi bukit-bukit pasir.

Pantai Berbukit Pasir

Pantai berbukit pasir terjadi karena hal-hal sebagai berikut.

  1. Banyak gosong-gosong pasir dekat pantai.
  2. Perbedaan antara pasang naik dan pasang surut agak besar.
  3. Kebanyakan bertiup angin laut.
  4. Pesisir pantai sering mengalami kering.

Contoh: Parangtritis di Yogyakarta.

 

Pantai Mangrove

Pantai mangrove merupakan pantai yang rendah dan ditumbuhi oleh hutan bakau, misalnya terdapat di pantai timur Pulau Sumatera.

 

Pantai Bertebing

Pantai bertebing banyak terdapat di daerah berbukit atau pegunungan di mana ombak selalu menghantam pantai sehingga terjadi perusakan pada batu-batuan dan akhirnya terbentuklah pantai yang bertebing.

Di bawah tebing yang curam kadang-kadang tertumpuk onggokan batu-batuan, sedangkan pesisir yang ada sangat sempit. Pantai ini disebut juga pantai falaise. Misalnya di Inggris Selatan, di barat laut Perancis, di Indonesia terdapat di pantai selatan Pulau Jawa.

 

Pantai Berkarang

Pantai berkarang, yaitu pantai yang banyak karangnya. Pantai ini terdapat di daerah yang banyak pulau karangnya di sepanjang pantai. Misalnya pantai berkarang di Sulawesi Selatan.

 

Pantai Skeren

Pantai skeren adalah pulau-pulau kecil berbatu yang terdapat di muka fyord.

Pantai Ria

Pantai ria adalah sebuah lembah sungai yang turun, lalu digenangi oleh air laut, terjadi di daerah yang berbukit-bukit, tegak lurus pada garis pantai. Pantai jenis ini banyak terdapat di barat laut Spanyol, barat daya Eire, di Asia Kecil.

Estuarium

Estuarium, yaitu sebagian lembah yang sudah tenggelam di sebuah pantai rendah. Muara sungai ini berbentuk corong dan agak jauh menjorok ke arah darat. Estuarium terjadi karena di tempat itu terdapat perbedaan ketinggian air laut yang besar pada waktu pasang naik dan pasang surut. Misalnya, daerah pantai timur Sumatera, Sungai Rokan, dan Sungai Asahan.

Delta

Delta adalah daratan yang terjadi karena pengendapan hasil pelapukan di muara sungai. Sebuah delta dapat terjadi karena:

  1. banyak hasil pelapukan dibawa oleh sungai sampai ke muaranya,
  2. perbedaan tingginya air tidak besar ketika pasang naik danpasang surut,
  3. lautnya sangat dangkal,
  4. ombaknya tidak besar, dan
  5. banyak tumbuh-tumbuhan di pantai.

Contoh: Pantai Kalimantan Timur, ada muara Sungai Mahakam.

Muhammad Febric Fitriansyah: Aktif nge blog sejak 2008. Sekarang kerja di salah satu digital advertizing company. Spesialis dalam monetisasi website dan Aplikasi. Certified with Google ADmanager, Google Admob, and Google Analytics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*