3 Manfaat Membaca Surat Yasin Setelah Sholat 5 Waktu

Manfaat membaca surat Yasin setelah sholat dengan rutin dan memahami maknanya bisa anda rasakan. Surat Yasin adalah salah satu surat di dalam Al-Quran yang sering dibaca bagi kaum umat muslim.

Memang tidak hanya Yasin, semua ayat dan surat di Al-Quran sebaiknya rutin dibaca. Tetapi surat Yasin dianggap sebagai jantung dari Al-Quran dan memiliki banyak sekali manfaat bagi hidup manusia. 

Jika rutin membaca surat Yasin dan memahami setiap artinya maka bisa jadi nanti setelah meninggal anda akan mendapatkan berbagai macam kemudahan. 

Apakah benar surat Yasin adalah jantung Al-Quran? Hal ini sudah dijelaskan dalam hadis HR. Tirmidzi No. 2887 dimana mengatakan bahwa

“Segala sesuatu memiliki jantung, Jantungnya Al-Quran adalah surah Yasin. Siapa yang membaca surah tersebut (Yasin) maka Allah akan mencatat baginya seperti membaca Al-Quran sepuluh kali”.

Nah, penasaran apa saja manfaat yang dapat dirasakan dengan membaca Yasin setelah sholat?

Ada banyak sekali manfaat untuk kehidupan dunia dan akhirat dari membaca Yasin secara rutin. Membaca Yasin dengan istiqomah juga termasuk salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada sang Pencipta Allah SWT.

Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan seperti berikut ini.

Mendapatkan Cahaya di Hari Akhir

Semua umat muslim pasti takut dengan hari Akhir atau kiamat. Mereka mencoba untuk mendapatkan sebanyak mungkin amalan baik dan mentaati perintah Allah SWT agar nanti merasa siap ketika kiamat sudah datang.

Membaca Yasin ternyata bisa membuat anda memperoleh cahaya di hari akhir. Hal ini dijelaskan dari Abu Hurairah ra berkata “Rasulullah SAW bersabda: siapa yang mendengar satu ayat daripada kitab Allah Ta’ala maka ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahaya di hari kiamat”.

Tubuh Terasa Lebih Sehat

Manfaat membaca surat Yasin setelah sholat ternyata juga bisa membantu anda menjadi lebih sehat. Pasalnya, membaca berbagai macam ayat dalam Quran bisa membuat anda mendapatkan ketenangan.

Anda tidak perlu merasa ragu dan tertekan dengan masalah hidup. Percaya bahwa Allah SWT tidak akan menguji hamba-Nya melebihi batas kemampuan. Dari pikiran yang tenang dan memikirkan berbagai macam hal-hal positif ternyata membuat organ tubuh lebih optimal dalam bekerja.

Iman menjadi lebih kuat

Ternyata membaca surat Yasin juga bisa membuat iman menjadi lebih kuat. Jika membaca surat Yasin beserta dengan artinya tentu akan membuat iman menjadi bertambah. Apalagi jika semua peringatan dan isi dalam surat Yasin tersebut benar-benar dijalankan dengan baik. 

Mendekatkan diri pada Allah SWT dan mencoba untuk menjadi manusia yang bertakwa memang banyak jalannya, dengan membaca surat Yasin juga bisa membantu anda lebih dekat kepada Tuhan yang Maha Esa. 

Baca Yasin secara rutin setelah sholat lima waktu, jangan lupa untuk membaca artinya juga. Cobalah untuk pahami dan resapi setiap ayat agar bisa menjadi pedoman dalam hidup untuk mendapatkan kemudahan lebih dekat lagi kepada Allah SWT.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat membaca surat Yasin setelah sholat. Beberapa orang yang membaca Yasin dijadikan sebagai kebiasaan maka akan terasa ringan beban hidupnya.

Semua perjalanan hidup akan dilalui dengan ikhlas dan hanya memiliki tujuan Allah SWT. Anda bisa mencoba untuk memulai membaca Yasin jika belum pernah sama sekali, perlahan-lahan nanti akan menjadi kebiasaan yang disukai

admin:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*