4 Manfaat Sholat Dhuha Untuk Urusan Dunia dan Akhirat

Sudah pernah merasakan manfaat sholat dhuha? Sholat Dhuha merupakan sholat sunah yang telah dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Sholat dhuha ini dapat dilaksanakan 20 menit setelah matahari terbit hingga 15 menit sebelum memasuki waktu sholat zuhur.

Ada tata cara tersendiri untuk melaksanakan sholat dhuha biasanya dilakukan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Melakukan suatu hal secara rutin memang memiliki berbagai macam keuntungan dalam kehidupan manusia. Beberapa orang yang selalu Istiqomah untuk melakukan sholat Dhuha pasti menyadari manfaatnya yang cukup besar bagi kehidupan.

Bagi kamu yang belum mengetahui apa saja manfaat dari sholat Dhuha berikut ini oleh informasinya.

Manfaat Sholat Dhuha dan Keutamaannya

Bukan hanya berpengaruh pada kehidupan duniawi tetapi juga mempengaruhi amalan pada saat di akhirat nanti. Berikut ini beberapa manfaat dari sholat Dhuha yang bisa kamu rasakan.

Diampuni Segala Dosa

Sholat Dhuha secara rutin dan istiqomah akan membantu kamu untuk di hapuskan segala macam dosa-dosa yang telah diperbuat. Bisa diibaratkan bahwa suatu saat mampu menghapus dosa sekalipun banyaknya seperti buih di lautan. Hal ini sudah tertera dalam Hadits yang berbunyi:

“Siapa orang yang membiasakan suatu hal maka dosanya akan diampuni sekalipun sebanyak buih di lautan”. (HR At- Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Dimudahkan Segala Macam Urusan

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari di muka bumi tentu kamu memiliki berbagai macam urusan atau bahkan masalah dalam kehidupan. Namun apabila kamu selalu Istiqomah untuk melaksanakan sholat Dhuha maka akan dimudahkan segala macam urusan.

sholat Dhuha adalah salah satu upaya untuk membantu kamu mendekatkan diri kepada Allah. Dengan bersujud memohon ampun kepada Allah maka berbagai macam urusan di dunia dan akhirat akan dijamin kemudahannya.

sholat Dhuha adalah waktu yang tepat dan diyakini untuk bisa memohon ampun dan berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Bahkan seseorang yang secara rutin melakukan sholat Dhuha akan dibantu malaikat agar doanya diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Akan dicukupkan kebutuhannya

Manfaat sholat dhuha lainnya adalah akan dicukupkan segala kebutuhannya. Orang yang selalu rutin melakukan sholat Dhuha segala macam kebutuhan dalam hidup akan dicukupkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Hal ini diibaratkan dicukupkan kebutuhan di akhir siang. Ada hadis nabi yang berbunyi:

“Allah berfirman: “Wahai anak Adam janganlah sekali-kali kamu malas mengerjakan empat rakaat pada awal siang (sholat dhuha), nanti akan Aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya (sore hari).” HR Daud, Ahmad, Tirmidzi)

Wajah akan terlihat jauh lebih cerah

Manfaatnya tidak hanya memperingatkan hidup atas kebutuhan dan dihapuskan segala macam dosa tetapi juga bisa mempengaruhi penampilan. Selain melakukan sholat Dhuha akan membantu wajah kamu terlihat jauh lebih cerah dan tenang. Orang-orang yang selalu mengerjakan sholat fardu dan sunnah akan memiliki wajah yang berseri.

Apabila kamu melakukan wudhu dengan mencuci muka dan membuat wajah menjadi lebih bersih dan terhindar dari kotoran. Bukan hanya itu tetapi sholat Dhuha juga akan membantu kamu terhindar dari stress yang bisa menyebabkan wajah terlihat lebih kusam.

Banyak sekali manfaat sholat Dhuha yang bisa kamu rasakan apabila rutin dan istiqomah melakukannya. Menjalankan berbagai macam sunnah dari perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan membuat kamu jauh lebih tenang dan tidak terlalu berambisi besar pada kehidupan dunia. Hal ini akan membantu kamu untuk mencukupi berbagai macam kebutuhan dan menjadi seseorang yang sederhana.

zee:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*