5 Manfaat Sholat Tahajud Muslim Wajib Tahu

Manfaat sholat tahajud sangat luar biasa bagi seorang muslim. Sholat tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah yang paling istimewa dan sering sekali dilakukan oleh kaum muslim. Bahkan telah disebutkan di dalam Al Quran bahwa sholat tahajud akan membuat orang yang mampu mengamalkannya untuk diangkat pada tempat yang terpuji.

Ada berbagai macam keutamaan yang dapat kamu rasakan ketika melaksanakan sholat Tahajud dengan rutin. sholat tahajud ini dapat Anda lakukan Setelah sholat isya sampai memasuki waktu subuh. Namun waktu yang paling baik dan dianjurkan untuk melakukan sholat tahajud adalah sepertiga malam terakhir. Sepertiga malam terakhir ini bisa diartikan menjelang masuknya waktu subuh.

Manfaat Sholat Tahajud Bagi yang Menjalankan

Karena benar-benar dipercaya bisa memberikan berbagai macam manfaat bagi yang menjalankan sholat tahajud tidak heran apabila banyak orang berlomba-lomba untuk melaksanakannya. Lantas apa saja manfaat dari sholat tahajud?

Dikabulkan Semua Doanya

Manfaat pertama yang bisa Anda rasakan ketika menjalankan shalat tahajud secara rutin adalah dikabulkan semua doa oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Apabila seseorang sudah melaksanakan waktu tahajud pada sepertiga malam terakhir maka berbagai macam harapan yang diinginkan sangat mungkin dikabulkan.

Bagai jalan untuk menghapus dan mencegah dosa

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda rasakan dari rutin sholat tahajud adalah untuk menghapuskan segala macam dosa dan mencegah dosa. Sholat tahajud Memang sebagai salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Mendekatkan diri pada Allah akan membantu anda untuk terhindar dari berbagai macam hal-hal yang tidak dianjurkan dalam agama Islam. Dosa-dosa kecil yang pernah anda lakukan juga bisa gugur apabila rutin dan istiqomah melakukan sholat tahajud pada sepertiga malam.

Menjadi jembatan menuju surga Allah SWT

Manfaat sholat Tahajud selanjutnya dapat dijadikan jembatan untuk masuk pada surga Allah. Ada sebuah hadis yang dikatakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kepada Abdullah Ibnu muslim di mana menunjukkan keistimewaan dari sholat tahajud.

Hadis tersebut berbunyi “Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam dan bagikanlah makanan serta sambungan setelah silaturahmi dan tegakkanlah sholat malam saat manusia yang lain sedang tertidur. Niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat”. (HR. Ibnu Majah).

Membantu meringankan beban di akhirat

Semua manusia pasti pernah melakukan sebuah dosa gimana akan dipertanggungjawabkan setelah hari akhir nanti. Di dalam Al Quran surat Az-Zariyat ayat 15-18, disebutkan bahwa seseorang yang sering melakukan sholat tahajud secara Istiqomah insya Allah akan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah subhanahu wa ta’ala pada saat ada di akhirat

Membantu menjaga kesehatan rohani

Tidak hanya mengabulkan segala permintaan dan menghindarkan anda dari segala macam dosa, tetapi sholat tahajud yang dilakukan secara Istiqomah juga bisa membantu menjaga kesehatan rohani.

Hal ini ditegaskan oleh Allah subhanahu wa ta’ala Di mana orang yang selalu melaksanakan sholat tahajud akan memiliki sifat yang rendah hati dan ramah. Tidak hanya itu tetapi refleksi ketenangan jiwa di dalam kehidupan sehari-hari juga bisa didapatkan.

Hal ini telah ditegaskan Allah dalam Alquran bahwa banyak sekali keistimewaan dari sholat tahajud apabila dilakukan secara Istiqomah. Sebagai umat muslim tentu kita juga ingin melaksanakan berbagai macam sunnah dan kewajiban agar mampu erhindar dari siksa api neraka. Banyaknya manfaat sholat tahajud akan membantu anda menjadi seseorang yang jauh lebih tenang dan mudah menghadapi kehidupan.

zee:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*