Sosiologi

Metode Penelitian Sosiologi

Metode Penelitian Sosiologi Carisemuaja.com – Metode  penelitian sosiologi adalah sebagai berikut:

1. Merumuskan masalah : Kita membutuhkan suatu masalah yang bermanfaat untuk diteliti yang dapat diselidiki melalui metode ilmiah

2. Meninjau kepustakaan : Yaitu survei atas semua penelitian yang telah dilakukan mengenai masalah yang akan diteliti.

3. Merumuskan hiptesis : Yaitu mengembangkan lebih dari satu masalah yang akan diteliti

4. Merencanakan desain penelitian : Menguraikan apa yang perlu ditelaah, data apa yang perlu dicari, di mana, bagaimana mengumpulkan, mengolah dan mengana-lisisnya.

5. Mengumpulkan data : Mengumpulkan data sesuai dengan desain peneltian. Data ini akan sering diperlukan untuk mengubah desain guna mengatasi kesulitan yang tidak terduga.

6. Menganalisis data : Membuat klasifikasi tabel dan memperbandingkan data, melaksanakan berbagai pengujian dan perhitungan yang diperlukan untuk menemukan hasil.

7. Menarik kesimpulan : Apakah hipotesis awal dapat diterima atau ditolak? Apakah hasilnya tidak meyakinkan? Apakah penelitian itu menambah wawasan kita? Apakah implikasinya terhadap teori sosiologi? Soal-soal dan saran-saran apa saja yang diberikan untuk penelitian selanjutnya.

8. Mengulang penelahaanya : Yaitu melakukan penelitian dengan sampel-sampel yang berbeda untuk menguji teori yang sudah dihasilkan, melalui pengulangan ini akan diambil suatu kesimpulan sebagai sebuah gambaran umum.

Metode penelitian kualitatif

Dalam penelitian sosiologi, metodelogi penelitian kualitatif banyak digunakan karena objek kajian sosiologi adalah manusia sebagi masyarakat dan individu. Metode penelitian ini menggu-nakan bahan yang sukar diukur dengan angka.

Walau demikian bukan berarti metode penelitian tidak menggu-nakan angka (statistik). Perhitungan statistik diperlukan untuk mendu-kung dan sebagai alat untuk memperjelas penelitian. Contoh Penelitian dengan menggunakan pendekatan metode historis, pendekatan studi kasus dan pendekatan metode historis komparatif.

Presfektif subjektif dan prespektif objektif dalam penelitian kualitatif

Prinsip TentangPresfektif ObjektifPresfektif Objektif
Tujuan PenelitianMengenai hal-hal yang bersifat umum, menguji teori, meramalkan peristiwa dan mencari generalisasiMengangani hal-hal yang bersifat Khusus, bukan hanya prilaku terbuka, memahami peristiwa yang memiliki makna historis, menekankan perbedaan individual dan mengembangkan hipotesis
Hubungan antar peneliti dengan objek yang penelitianPeneliti bertindak sebagai pengamat yang otonom, terpisah atau berjarak dari subjek penelitianSetarap, empati, akrab, interaktif, timbal balik dan saling mempengaruhi
Metode penelitianDesktiptifDeskriptif (wawancara tak berstruktur/ mendalam ), berperan serta, studi kasus, studi historis kritis.

Metode penelitian kuantitatif

Metode peneltian kuantitatif merupakan metode yang menggunakan bahan keterangan dengan menggunakan angka-angka sehingga gejala yang diteliti dapat diukur dengan menggunakan skala, tabel, indeks dan formula yang semuanya menggunakan ilmu pasti.

Sociometry merupakan salah satu teknik di dalam penelitian tentang masyarakat secara kuantitatif dengan menggu-nakan skala untuk mempelajari interelesasi sosial. Sociometry merupakan kumpulan konsep dan metode yang bertujuan untuk menggambarkan dan meneliti hubungan antar manusia dalam masyarakat secara kuantitatif

Metode penelitian penjenisan

Semakin canggih teknologi komputer, semakin berkembang teknik analisis statististik pendukung pengembangan penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif menjadi lebih banyak dipilih daripada metode penelitian kualitatatif.

Namun demikian pernyataan statistik akan dianggap kering oleh  para peneliti kualitatif jika tidak menggunakan ungkapan verbal seperti yang dilakukan peneliti kualitatif pada umumnya.

  1. Metode induktif, mempelajari suatu gejala yang khusus kemudian ditarik, dan dibuat generalisasi.
  2. Metode deduktif, dimulai dari kaidah yang berlaku umum, dibuat hipotesis, selanjutnya dicarikan bahan untuk menguji diterima atau tidaknya hipotesis itu.

Teknik-teknik atau Cara dalam Sebuah Metode

Teknik-teknik atau cara-cara yang sering digunakan dalam sebuah metode, yaitu:

Teknik wawancara

Yaitu memperoleh data dengan menggunakan wawancara antara peneliti dengan nara sumber. Untuk itu dapat dibuat kuesioner yang berfungsi sebagai pedoman wawancara.

Teknik observasi

Suatu cara untuk memperoleh data dengan pengamatan langsung. Sebelum melakukan observasi diperlukan patokan observasi, berupa data apa saja yang diha-rapkan setelah melaksanakan observasi.

Teknik observasi berpartisipasi

Yaitu teknik observasi dengan ikut serta mengalami aktivitas pada objek penelitian. Misalnya siswa meneliti pendapatan yang diperoleh anak jalanan, maka siswa akan menyamar sebagai anak jalanan.

Teknik angket

Teknik untuk memperoleh data dengan mengajukan daftar pertanyaan yang telah disusun kepada orang yang telah dijadikan sasaran penelitian.

Teknik studi dokumentasi

Cara yang dilakukan untuk memperoleh data dengan mempelajari dokumen-dokumen, catatan-catatan yang ada pada perseorangan ataupun instansi tertentu yang berkaitan dengan penelitian.

Teknik studi kepustakaan

Sering disebut Library Research, yaitu suatu cara memperoleh data dengan mempelajari buku-buku di perpustakaan yang merupakan hasil dari para peneliti terdahulu.

Comment here