Batalkah Ketika Mimpi Basah di Pagi Hari saat Puasa Ramadhan

Puasa Ramdhan Carisemuaja.com – Mimpi basah adalah salah satu penanda bahwa umur sudah mencapai masa baligh. Peristiwa ini adalah ketika kita tidur dan bangun dalam keadaan sudah basah karena baju atau celana kita dipenuhi mani atau sperma.

Bagi anak remaja, hal ini terbilang wajar. Karena secara biologis, hal ini menandakan organ reproduksi sudah berfungsi secara normal. Namun apakah, ketika kita mimpi basah didalam menjalankan puasa ramadhan, puasa kita tetap sah?

Jika kita menoleh ke perkara hubungan badan suami-istri pada puasa Ramadhan maka puasa mereka batal. Dikarenakan secara sengaja,air mani keluar pada waktu berpuasa. Namun, melihat ke peristiwa mimpi basah yang secara tidak sengaja mengeluarkan air mani (sperma) hukumnya tidak membatalkan puasa.

Seperti dijelaskan oleh Ustadz Abdul Somad pada ceramahnya di video berjudul “Apakah Mimpi Basah Pas Puasa Batal? – USTADZ ABDUL SOMAD LC.MA“. Beliau menjelaskan bahwa mimpi adalah sesuatu yang tidak kita kehendaki.

Merujuk ke penggambaran hubungan suami-istri kenapa membuat puasa batal, karena itu merupakan kegiatan yang kita kehendaki. Artinya, ada pilihan untuk kita tidak melakukannya karena alasannya bisa memicu keluarnya air mani (sperma).

Sebagai contoh lainnya, makan adalah sesuatu yang kita kehendaki dan juga melanggar aturan puasa yaitu memasukkan sesuatu ke dalam mulut dengan sengaja. Maka makan ketika puasa itu hukumnya batal.

Melihat contoh kasus diatas, maka sebaiknya seseorang yang baru saja mengalami mimpi basah ketika puasa dianjurkan untuk segara mandi wajib. Hal ini dilakukan agar mereka dapat melaksanakan ibadah sholat.

Jadi, kamu yang mengalami mimpi basah ketika menjalankan ibadah puasa tetap bisa melanjutkan ibadah puasa ramadhannya. Namun, bersegeralah mandi wajib supaya terbebas dari hadas besar dan bisa menjalakan ibadah lainnya.

admin: Aktif nge blog sejak 2008. Sekarang kerja di salah satu digital advertizing company. Spesialis dalam monetisasi website dan Aplikasi. Certified with Google ADmanager, Google Admob, and Google Analytics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*