Melihat Kembali Latar Belakang Pemberontakan PKI Madiun 1948

Melihat Kembali Latar Belakang Pemberontakan PKI Madiun 1948. Source :https://elshinta.com/news/187013/2019/09/18/pemberontakan-pki-di-madiun-18-september-1948

Pemberontakan PKI Madiun 1948 carisemuaja.com – Pasca penandatanganan Perundingan Renville, Kabinet Amir Syarifuddin jatuh karena dianggap gagal dan menyerahkan mandatnya kepada Presiden Soekarno. Pada masa Kabinet Hatta, Amir kecewa terhadap program Rekonstruksi dan Rasionalisasi Angkatan Perang yang menurutnya sangat merugikan golongan komunis.

Setelah kejadian tersebut, Amir Syarifuddin lantas menjadi oposisi dari kabinet Hatta. Ia pun membentuk Front Demokrasi Rakyat atau yang biasa dikenal dengan FDR pada tanggal 28 Juni 1948. Setelah itu, FDR lantas bergabung dengan Partai Komunis Indonesia atau biasa disebut PKI. Berikut adalah beberapa yang dilancarkan oleh kelompok ini antara lain:

  • Melancarkan propaganda anti-pemerintah
  • Mengadakan demonstrasi
  • Pemogokan kerja
  • Menculik dan membunuh lawan-lawan politik
  • Anarkisme di beberapa tempat

Baca juga:  Awal Mula Gerakan DI TII oleh Kartosuwiryo dan Amir Fattah

Sejalan dengan itu, Muso, seorang tokoh Partai Komunis Indonesia yang sejak lama berada di Moskow, Uni soviet (sekarang Russia) dikirim oleh pimpinan Komunis Internasional ke Indonesia dengan tujuan merebut kekuasaan di Republik Indonesia dari tangan nasionalis.

Ia mengembangkan politik yang diberi nama “jalan baru” dan mendirikan Negara Republik Sovyet Indonesia pada tanggal 18 September 1948. Namun aksi Amir Syarifuddin dan Muso dapat di tumpas oleh TNI melalui Gerakan Operasi Militer. Dalam pelariannya, Muso dan Amir Syarifuddin tewas tertembak.

admin: Aktif nge blog sejak 2008. Sekarang kerja di salah satu digital advertizing company. Spesialis dalam monetisasi website dan Aplikasi. Certified with Google ADmanager, Google Admob, and Google Analytics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*