Perbedaan Kuliah di Malaysia dan di Indonesia

Apa Perbedaan Kuliah di Malaysia dan di Indonesia? pertanyaan itu kadang terlontar ketika kamu ingin memutuskan kuliah di luar negeri namun mungkin “terbatas” akan biaya.

Yah, Malaysia selalu menjadi alternatif bagi para pelajar yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang S1 atau bahkan S2 dan seterusnya. Nah, berikut adalah perbedaan secara general kuliah di Malaysia dan di Indonesia.

Bahasa

Secara umum, Kuliah di Indonesia menggunakan pengantar Bahasa Indonesia kecuali beberapa perguruan tinggi swasta yang mempunyai kelas internasional.

Di Malaysia sendiri, untuk Perguruan Tinggi Negeri milik pemerintah seperti UM, UTM, UKM dll memberikan pilihan yang cukup fleksible untuk Mahasiswa nya.

Namun secara General, Bahasa Inggris adalah bahasa pengatar setiap mata kuliah yang diajarkan.

Biaya Hidup

Untuk biaya hidup sendiri bisa dibilang relatif. Ada beberapa bagian dimana kuliah di Indonesia lebih murah dibandingkan di Malaysia, dan begitu juga sebaliknya.

Sebagai gambaran, bisa dibilang rata-rata biaya hidup untuk kuliah di Malaysia berkisar antara 1000-1400 RM.

Dengan menggunakan kurs 1 Ringgit adalah 3500 Rupiah maka, biaya hidup sebulan di Malaysia berkisar antara 3,5 juta sampai dengan 4,9 juta Rupiah.

Berbicara mengenai biaya hidup tentu sangatlah relatif. Hal ini dikarenakan mayoritas Perguruan Tinggi Negeri di Malaysia sudah memiliki fasilitas asrama atau dorm yang berlokasi di dalam kampus.

Dan biaya kuliah per tahun sudah satu paket dengan biaya tempat tinggal di asrama.

Untuk biaya tempat tinggal sendiri jika kamu tidak ingin tinggal di asrama kampus juga tergantung kota di mana kampus kamu terletak.

Untuk gambaran, rata-rata biaya sewa apartmen untuk kota Kuala Lumpur berkisar antara 300-800 RM per kamar. Ini belum termasuk biaya billing internet, air, dan listrik yang kira-kira kisaran bisa mencapai 100-150 RM

.

Ingin hidup lebih murah? cobalah untuk sharing kamar apartmen dengan teman anda.

Dan sebagai catatan, ketika kamu pertama kali datang untuk kuliah di Malaysia, alangkah baiknya kamu menghubungi PPI kampus kamu untuk berkonsultasi mengenai tempat tinggal, biaya hidup, dsb.

Teman dari Berbagai Negara

Kalau kamu kuliah di Indonesia, teman yang kamu akan dapatkan tentu hanya cakupan Indonesia namun berbeda kota. Lain halnya ketika kamu kuliah di Malaysia, cakupan teman kamu akan datang dari berbagai negara.

Selain pelajar Indonesia, Malaysia juga menjadi tujuan pelajar-pejalar dari negara Timur Tengah, India, China, Afrika dan daerah Asia Tengah.

Kalau kamu berencana mengikut studi Teknik atau engineering biasanya pelajar dari negara Timur Tengah seperti, Yaman, Bahrain, Qatar, dsb akan menjadi mayoritas teman kamu nantinya.

Kalau kamu berencana mengikuti Studi IT/Information systems biasanya calon teman kelas kamu kebanyakan berasal dari Negara Asia Tengah seperti, kazakhstan, turkmenistan, dan uzbekistan.

Selain itu, pelajar dari India, dan juga China rata-rata mengambil studi IT/Information Systems di Malaysia.

Kesimpulan

Dibalik beberapa perbedaan antara kuliah di Malaysia dan Indonesia, terdapat banyak persamaan terutama karena Malaysia adalah Negara Muslim. Makanan, dan budaya juga tidak jauh berbeda dari Indonesia secara keseluruhan.

Jika kamu berasal dari Pulau Sumatra, bahkan makanan dan budaya Malaysia mirip dengan dengan budaya dan makanan dari Suku-Suku yang berasal dari Pulau Sumatra.

admin: Aktif nge blog sejak 2008. Sekarang kerja di salah satu digital advertizing company. Spesialis dalam monetisasi website dan Aplikasi. Certified with Google ADmanager, Google Admob, and Google Analytics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*