Informasi

Beginilah Gambaran Ramadhan di Indonesia di tengah Corona Tahun ini

Beginilah Gambaran Ramadhan di Indonesia di tengah Corona Tahun ini Photo by Haidan https://unsplash.com/photos/IAwnp88Fz8Y

Ramadhan di Indonesia di tengah Corona Carisemuaja.com – Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah untuk seluruh penganut agama islam di seluruh penjuru dunia. Dengan segala keistimewaannya, di bulan ini segala ibadah dan perbuatan baik akan dilipat gandakan.

Di bulan ini pula, Al-Quran yang menjadi kitab suci Agama Islam turun ke bumi turun ke bumi. Pada 10 hari terkahir khususnya tanggal ganji di Bulan Ramadhan terdapat keistimewaan malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Malam itu kita sebut dengan lailatulqadar. Semua keistimewaan malam ini dapat dijumpai pada Surat Al-Qadar.

Dengan mayoritas penduduk Indonesia adalah penganut Agama Islam, Bulan Ramadhan selalu menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua golongan umur. Untuk anak-anak, bulan ini adalah bulan di mana mereka biasanya akan “perang petasan, “perang sarung” dan atau bahkan berlomba-lomba untuk menjadi “yang paling tahan” dalam menjalankan Ibadah Puasa

Untuk kalangan remaja, bulan ini biasanya dijadikan ajang “modus” kepada lawan jenis mereka untuk sama-sama pergi ke mesjid menjalankan ibadahn taraweh. Di bulan ini juga biasanya mereka melakukan acara buka puasa bersama untuk sekedar reuni atau sekedar kumpul-kumpul.

Namun apa yang kita barusan bicarakan mungkin akan menjadi “wacana saja”. Alasannya bukan lain adalah wabah virus corona atau covid-19. Virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China menjadi momok bagi Dunia sekarang. Di Indonesia sendiri, Pemerintah menetapkan aturan pembatasan sosial untuk mencegah penyebaran virus ini lebih masif lagi.

Nah, berikut adalah hal-hal yang mungkin kita tidak akan jumpai pada Ramadhan tahun ini

Buka Puasa Bersama

Buka puasa bersama, carisemuaja.com

Buka puasa bersama pada Bulan Ramadhan “wajib” hukumnya. Dalam kegiatan ini, juga dibarengi dengan reuni dengan teman lama. Terkadang, semakin banyak kamu mempunyai teman maka semakin sibuk kamu mendatangi acara buka puasa di Bulan Ramadhan.

Namun melihat kondisi sekarang, mengkuti anjuran pemerintah Indonesia yang menghimbau pembatasan sosial. Maka, acara buka puasa bersama hanya bisa anda lakukan dengan keluarga anda di rumah.

Ngabuburit

Ngabuburit carisemuaja.com

Ngabuburit biasanya dijadikan “modus” bagi kalangan muda-mudi untuk bisa menghabiskan waktu berdua. Untuk anak-anak, mereka biasanya ngabuburit dengan bermain sepeda atau bahkan bermain bola dengan tetangga dekat rumah.

Namun hal ini bisa jadi tidak bisa kita lakukan di Ramadhan tahun ini. Kegiatan yang kita bisa lakukan untuk Ngabuburit tahun ini adalah memperbanyak ibadah di rumah dengan membaca al-quran atau memperbanyak dzikir.

Taraweh dan Sholat Ied

Taraweh dan Sholat Ied carisemuaja.com

Untuk sholat taraweh mungkin kita masih bisa tetap menjalankannya namun dengan anggota keluarga rumah. Namun untuk sholat Ied nampaknya hal ini tidak bisa kita lakukan jika wabah corona ini belum berakhir di Indonesia.

Mudik

mudik carisemuaja.com

Sejauh apapun kita pergi, pasti akan ada selalu jalan untuk pulang. Di Indonesia, tradisi mudik erat kaitannya dengan Bulan Puasa. Alasannya adalah bisa kumpul dengan keluarga tercinta di saat momen Lebaran.

Namun, melihat situasi seperti sekarang. Nampaknya niatan mudik kita harus di tahan dulu. Khususnya bagi kita yang merantau di daerah red zone adalah daerah yang sudah terpapar virus corona seperti daerah DKI jakarta dan sekitarnya.

Akan tetapi, bagi kamu kaum perantau jangan berkecil hati. Kamu harus bersyukur dengan kecanggihan teknologi informasi seperti sekarang. Dengan teknologi, kamu tetap bisa video call-an dengan keluarga kamu di kampung halaman.

Nah, kurang lebih begitulah gambaran Ramadhan di Indonesia di tengah Corona. Mudah-mudahn wabah ini segera bisa hilang dari negara kita sebelum lebaran tahun ini.

Comment here