Informasi

Tetap Diet di Saat Puasa dengan Tips Diet saat Bulan Ramadhan Berikut

Tetap Diet di Saat Puasa dengan Tips Diet saat Bulan Ramadhan Berikut

Diet di Saat Puasa Carisemuaja.com – Dengan berpuasa tubuh kita tidak mendapatkan makanan atau minuman dalam kurung waktu sekitar 13 jam. Tentu rasa lapar dan haus pastinya sangat terasa ketika menjalakan ibadah puasa.

Namun untuk kamu yang berniat diet tentu ini menjadi hal yang bagus, karena secara logika ketika tubuh tidak mendapat asupan makanan tentu berat badan seseorang akan turun dengan sendirinya.

Tapi pada kenyataannya, banyak orang berat badannya justru bertambah saat menjalankan ibadah puasa. Hal ini bukan tidak lain karena pola makan “balas dendam”.

Di saat buka puasa, karena tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman seharian full lalu kita terkesan memaksakan untuk makan semua makanan yang ada.

Nah, berikut adalah tips untuk tetap diet walaupun tetap diet selama menjalankan ibadah puasa

Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman manis memang sangat disarankan untuk dikonsumsi saat waktu berbuka puasa. Ini dikarenakan kandungan kalori dari makanan dan minuman manis terbilang bagus untuk mengganti asupan kalori dalam tubuh yang tidak diisi selama seharian full.

Namun, banyak diantara kita justru terbilang mengkonsumsi makanan dan manis yang berlebih. Karena tanpa disadari, ketika makanan yang kita konsumsi tidak disalurkan kedalam bentuk aktivitas. Maka, itu akan mengakibatkan lemak yang menumpuk.

Di dalam islam diajarkan, makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Tapi, didalam realitasnya banyak dari kita justru berhenti makan dan minum pada saat berbuka ketika perut kita tidak sudah sesak.

lahraga

Olahraga sangat bagus untuk tubuh karena dengan berolahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Olahraga juga bisa menyehatkan organ-organ tubuh kita.

Olahraga saat kamu berpuasa diyakini dapat membakar lemak tubuh kamu dalam jumlah yang berlebih dibandingkan dengan hari-hari biasa. Sehingga otomatis juga akan mempercepat proses penurunan berat badan kamu.

Tapi, tentu sulit untu berolahraga disaat menjalankan puasa karena tubuh kita kehilangan energi dari asupan makanan atau minuman yang hilang. Maka dari itu, olahraga sore sebelum buka puasa pada sekitar jam 4 itu bagus untuk diet.

Jenis olahraganya pun beragam, kamu bisa jogging atau bersepeda mengelilingi kompleks rumah kamu. Push up dan pull up juga bisa dilakukan didalam rumah saja jika sekiranya cuaca tidak memungkinkan kamu untuk jogging.

Masih malas juga juga? jika kamu memiliki rumah bertingkat, naik-turun tangga juga merupakan aktivitas olahraga. Dan jangan disepelekan, naik-turun tangga juga bisa menurunkan berat badan kamu

Hindari konsumsi gorengan

Tentu sangat nikmat rasanya jika berpuasa puasa dengan gorengan. Sungguh sangat susah untuk bisa menghindari godaan gorengan untuk menjadi santapan buka puasa.

Namun perlu diketahui, gorengan sangat tidak sehat untuk lambung kita untuk dijadikan makanan buka puasa. Ini dikarenakan kandungan lemak yang dimiliki gorengan ini sangat tidak baik dikonsumsi ketika perut kita sedang kosong-kosongnya.

Selain itu, untuk kamu yang sedang diet. Kandungan lemak jahat (lemak jenuh) yang tinggi akan membuat tubuh kita menjadi lebih gemuk. Tetapi, kamu tetap bisa berbuka puasa dengan gorengan ketika berbuka namun dengan porsi yang wajar.

Konsumsi Makanan Bersesat dan Protein Tinggi

Serat dan protein dalam makanan sangat disarankan untuk dikonsumsi di dalam bulan puasa. Hal ini karena serat termasuk zat yang yang lama untuk diserap oleh tubuh. Efeknya, dengan mengkonsumsi makanan kaya akan serat maka perut kamu akan merasa kenyang lebih lama.

Makan berserat sendiri banyak terkandung di dalam buah-buahan. Alpukat, pisang dan apel merupakan salah contoh buah-buahan yang mengandung serta tinggi. Khusus untuk pisang, bahkan atlet kebanyakan atlet mengkonsumsi buah ini ketika sedang bertanding.

Selain serat, protein yang tinggi juga dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Protein sendiri terbagi dua yaitu protein hewani dan protein nabati. Kalau kamu adalah vegetarian maka jangan khawatir, kamu tetap bisa mendapatkan protein nabati.

Kacang-kacangan, alpukat, dan pisang adalah contoh makanan yang mengandung protein nabati. Nah, dengan melakukan olahraga rutin untuk melatih bagian otot tertentu dan mengkonsumsi makanan berprotein tinggi selama puasa, maka bukan cuma berat badan kamu yang akan turun tetapi badan kamu juga akan terlihat lebih atletis

Banyak Minum Air Putih

Sebagai besar zat yang ada di dalam tubuh kita adalah air. Maka dari itu, mengkonsumsi Air putih secara cukup akan membuat badan kamu terasa lebih sehat. Namun tetap perlu dicatat, kamu hanya bisa melakukan ini ketika sudah berbuka puasa.

Dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism dikatakan bahwa, minum air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 30 persen. Artinya, dengan mengkomsumsi air putih lebih banyak, maka bisa mempercepat proses pembakaran lemak dan kalori di dalam tubuh

Istirahat yang Cukup

Tips terakhir adalah istirahat yang cukup. Istirahat dalam hal ini adalah tidur. Dalam sehari, anak-anak dianjurkan untuk tidur 7-8 jam sehari sedangkan untuk orang dewasa adalah 6-7 jam sehari. Dengan tidur yang cukup, proses metabolisme tubuh kamu akan berjalan normal. Hal ini mengakitbatkan proses pembakaran kalori dan lemak yang terjadi dalam tubuh kamu juga akan berlangsung lebih efektif.

Tapi ingat, selama menjalankan ibadah puasa jangan tidur terus. Tetap ingat untuk menjalankan ibadah yang lain, karena itu merupakan kunci dari ibadah puasa itu sendiri

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menjalankan diet selama menjalankan ibadah puasa!

Comment here