Tips Facebook Aman dari Hack

Tips Facebook Aman dari Hack Carisemuaja.com –  Berbicara mengenai facebook, mungkin kita pasti langsung terbesit tentang platform media sosial yang telah bertahun tahun mengisi waktu kita dengan banyak sekali moment yang terjadi. Menurut Wikipedia, didirikan pada tahun 2004 oleh beberapa pendiri seperti Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, dan kawan kawan.

Untuk jaman sekarang, facebook ini terbilang multifungsi bisa dijadikan hiburan dikala penat yang ada, bisa dijadikan ladang mencari penghasilan, bisa juga dijadikan ajang mencari ilmu. Tentunya demi kenyamanan, pastinya kita menginginkan bahwa akun kita aman dari yang namanya hacker, pelaku pembobolan akun. Apalagi dengan fungsi facebook yang telah dijelaskan diatas tadi, kita pasti menginginkan akun yang kita miliki aman.

Berbicara sedikit mengenai Hacker khususnya dalam lingkup facebook, masa sekarang adalah masa yang sulit bagi para hacker menembus keamanan akun kita. Jadi, dengan keamanan yang ketat membuat para hacker sulit mencari kelemahan yang ada. Maka dari itu, para hacker sekarang melakukan berbagai cara dengan menjajah otak kalian untuk melakukan apa yang diinginkan para hacker. Ada cara yang sekarang banyak sekali digunakan, yaitu Phising

Phising merupakan metode yang biasa dipakai oleh para cracker untuk menjebol akun kita, bisa juga mengambil alih. Cracker memakai website yang banyak tersedia untuk dikirimkan ke kita dengan banyak sekali iming iming yang tedapat didalamnya. Cara kerja web phising adalah ketika kita tertarik untuk mendaftar dalam sebuah program, namun tanpa sadar kita memasukkan sandi akun facebook kita. Mengapa kita tidak sadar ? karena kita sedang terpengaruh dengan iming iming yang sebelumnya kita lihat.

Nah, pasti pernah kan menjumpai website yang didalamnya terdapat form pengisian akun facebook kita, dan setelah 1 hari bahkan 1 jam setelah kita submit data tersebut, akun kita akan lenyap dari tangan kita. Bagaimana cara kita mengamankan facebook kita dari hack ? Berikut beberapa tips nya.

1. Jangan mudah terpengaruh iming iming besar

Hal yang paling penting adalah jangan pernah terpengaruh iming iming besar. Biasanya berupa hadiah jutaan rupiah tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Itu semua adalah tipuan guna mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Misalnya saja website diamond game yang ketika kita login akan mendapatkan diamond, itu hanyalah tipuan agar akun kita diambil alih oleh mereka. Maka dari itu, tetaplah waspada dan jangan mudah tertipu dengan benefit yang dihasilkan dari website tersebut.

 

2. Mengecek kebenaran website registrasi

Selalu melakukan pengecekan tentang kebenaran website registrasi merupakan langkah yang efisien guna mengamankan akun kita dari jebakan para craker maupun hacker. Ciri website phising adalah website tersebut didalamnya terdapat form pengisian password. Sesekali ketika menjumpai website tersebut, cobalah untuk mengisi dengan asal form tersebut untuk mengecek kebenaran website tersebut.

 

3. Selalu cek aktivitas login akun facebook

Pengecekan aktivitas login juga langkah efektif untuk berjaga jaga apakah hanya kita yang login akun tersebut atau ada orang lain yang login.

 

4. Jangan pernah login pada perangkat lain

Ini adalah kejadian yang banyak sekali dialami, ketika kita login dalam perangkat teman ataupun lainya. Kita lupa untuk logout dari perangkat tersebut, terkadang juga kita sudah logout namun sandi tersebut masih tersimpan yang membuat perangkat tersebut masih bisa login menggunakan sandi yang tersimpan.

 

5. Pastikan akun sudah terkait dengan beberapa akun atau nomor aktif

Ini adalah kemungkinan terburuk jika akun kita tiba tiba ada yang login, maka dari itu disarankan untuk mengaitkan akun dengan beberapa akun atau nomor aktif guna melakukan cadangan verifikasi ketika akun kita entah itu berganti password atau ada perangkat lain selain kita.

Mungkin beberapa tips diatas merupakan tips yang paling efektif untuk mengamankan akun kita dari serangan pihak yang ingin mengambil alih akun kita. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan kebenaran website, jangan gampang tergoda dengan iming iming benefit yang besar karena itu semua adalah tipuan. Karena tipuan merupakan cara cracker mengambil alih akun kita dengan gampang nya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Muhammad Febric Fitriansyah: Aktif nge blog sejak 2008. Sekarang kerja di salah satu digital advertizing company. Spesialis dalam monetisasi website dan Aplikasi. Certified with Google ADmanager, Google Admob, and Google Analytics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*